Penyampaian SPT untuk Tingkatkan Peran Pelaku Usaha

NERACA

Yogyakarta - Penyampaian surat pemberitahuan tahunan diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan dukungan dari semua pihak terkait serta peran para pelaku usaha khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hal itu dilaksanakan untuk dapat melakukan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakannya, sehingga turut memberikan kontribusi langsung pada penerimaan pajak penghasilan orang pribadi dalam negeri," kata Direktur Jenderal Pajak Ahmad Fuad Rahmany di Yogyakarta, kemarin.

Selain itu, kata dia pada "Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Sebagai Panutan dan Apresiasi Pajak", pajak penghasilan kepada daerah atas pajak yang disetorkan juga akan meningkatkan penerimaan pajak secara nasional khususnya penerimaan pajak Kantor Wilayah DJP DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan penyampaian SPT tahunan diselenggarakan dengan maksud agar menjadi panutan masyarakat untuk tertib membayar pajak sesuai dengan tata cara yang benar.

"Hal itu dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kepatuhan penyampaian SPT dengan mendorong masyarakat. Penyampaian SPT dilakukan lebih awal itu dimaksudkan agar tidak terlambat," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut merupakan pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan, sebagai bentuk penghargaan karena telah melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan dengan tertib selama 2013.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dengan Pemerintah DIY, Kanwil DJP DIY dengan Kota Yogyakarta.

Selain itu, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Sleman, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Bantul, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Kulon Progo, dan Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Gunung Kidul. [ardi]

BERITA TERKAIT

Pemkot Palembang Tingkatkan Pendataan Cagar Budaya

Pemkot Palembang Tingkatkan Pendataan Cagar Budaya NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pendataan cagar budaya…

DPRD Sukabumi Dukung Usulan Mengenai PKS Pembayaran Pajak Via Minimarket - Iwan Adhar : “Selama untuk Kepentingan Masyarakat Saya Dukung”

DPRD Sukabumi Dukung Usulan Mengenai PKS Pembayaran Pajak Via Minimarket Iwan Adhar : “Selama untuk Kepentingan Masyarakat Saya Dukung” NERACA…

Kadin akan Tambah Fasilitas untuk OSS

      NERACA   Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menambah fasilitas meja bantuan (help desk)…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank Belum Penuhi Rasio Kredit UMKM

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat sekitar 20 persen dari total bank umum domestik belum…

LPDB Sederhanakan Persyaratan Pengajuan Pinjaman Dana Bergulir

  NERACA   Tangerang - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyederhanakan kriteria dan…

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1%

  NERACA   Jakarta - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan…