Sektor Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

NERACA

Mataram - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengatakan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan memberikan daya dorong dan daya dukung yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selain itu, sektor tersebut mampu mempercepat penurunan angka kemiskinan, dan mengembangkan keunggulan daerah," katanya pada pembukaan rapat koordinasi penyuluh pertanian di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (4/3).

Ia mengatakan, untuk mencapai tujuan tersebut, pembangunan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan diarahkan untuk meningkatkan kapasitas, produktivitas, dan kualitas masyarakat petani serta nelayan.

Di samping itu, kata dia, juga masyarakat di sektor kehutanan, sehingga mereka mampu menghasilkan produk pertanian, perikanan dan kehutanan yang berkualitas, berdaya saing, dan memenuhi standar pasar.

"Peningkatan produksi, produktivitas dan kualitas produk pertanian dilaksanakan dengan malakukan revitalisasi dan fasilitasi sarana dan prasarana produksi, intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi tanaman padi, jagung, kedelai, kentang, kopi, kakao, dan jambu mete serta ternak sapi," katanya.

Dikatakannya, peningkatan produksi dan produktivitas pada sektor perikanan, diarahkan pada ekstensifikasi, intensifikasi dan diversifikasi produk budi daya perikanan dan kelautan, yakni rumput laut, udang, dan kerapu.

"Sedangkan di sektor kehutanan dilakukan dengan melakukan ekstensifikasi, intensifikasi dan diversifikasi hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu, yakni komoditas gaharu, ketak, kemiri, madu dan rotan," katanya.

Dalam mewujudkan program dan strategi tersebut, katanya, kelembagaan penyuluhan, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota, memiliki tugas mengawal dan memberikan pendampingan kepada petani, peternak, nelayan, masyarakat pesisir, serta masyarakat sekitar kawasan hutan, untuk memastikan program dan kegiatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan Gubernur berharap, rapat koordinasi itu dapat dilaksanakan dengan baik, serta menghasilkan perbaikan dan kemajuan bagi penyelenggaraan penyuluhan pertanian di Nusa Tenggara Barat. [ardi]

BERITA TERKAIT

BI Dorong Jakarta Tingkatkan Anggaran Sektor Pariwisata

    NERACA   Jakarta - Anggaran pemerintah DKI Jakarta untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dinilai perlu ditingkatkan karena…

150 Petani Kangkung Bogor Dimotivasi Tingkatkan Kapasitas

150 Petani Kangkung Bogor Dimotivasi Tingkatkan Kapasitas NERACA Bogor - Sebanyak 150 petani kangkung dari tiga kecamatan di wilayah Kabupaten…

BUMN Migas Vs BUK Migas, Mana Lebih Efisien? - PENGELOLAAN SEKTOR ENERGI

NERACA Jakarta – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Satya Widya Yudha berharap pemerintah tidak buru-buru merealisasikan pembentukan induk usaha…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Menkeu Harap Swasta Makin Banyak Terlibat di Infrastruktur

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap makin banyak pihak swasta yang terlibat dalam pembangunan…

Menggenjot Skema KPBU di Sektor Pariwisata

    NERACA   Jakarta - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang tumbuh secara masif di tahun ini. Bahkan,…

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Layanan Digital

      NERACA   Jakarta - Era digital menuntut semua pihak untuk dapat memenuhi tuntutan pelanggan dengan mudah dan…