XL Minta Pelanggan Waspadai Penipuan

Rabu, 05/03/2014

Maraknya SMS penipuan dengan iming-iming undian berhadiah yang mengatas namakan PT XL Axiata Tbk (EXCL) memberikan dampak buruk terhadap kepercayaan pelanggan terhadap XL. Merespon hal tersebut, perseroan merasa prihatin dan demi melindungi pelanggan, XL kembali menyampaikan panduan kepada masyarakat dan pelanggan agar terhindar dari upaya kejahatan penipuan tersebut.

Hal tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Vice President Corporate Communication XL – Turina Farouk mengatakan, kenyamanan pelanggan merupakan salah satu prioritas utama XL. Oleh karena itu melalui himbauan ini, XL berharap masyarakat semakin waspada dan tidak mudah terbujuk rayu dengan semakin maraknya modus penipuan via SMS tersebut.

Sebagai panduan, XL menghimbau pelanggan untuk menempuh beberapa langkah guna memastikan keamanan pelanggan ketika menerima SMS yang mengabarkan soal perolehan hadiah diantaranya, melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian, cek kebenaran informasi tersebut secara langsung ke operator terkait melalui jalur resmi atau melaporkan hal tersebut melalui SMS ke 588 secara gratis, bersikap waspada dan hati-hati serta jangan mudah percaya dan jangan tergiur dengan hadiah maupun iming-iming yang dijanjikan, dan jangan melakukan transfer uang.

Kata Turina, langkah himbauan XL kepada pelanggan, selain mengirimkan SMS broadcast secara bertahap, XL juga terus berkoordinasi dengan pihak berwajib untuk mengungkap pelaku penipuan dan penggunaan nama dan/atau atribut/logo tanpa izin pada website yang dipakai untuk penipuan, dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan blog/hosting untuk memblokir URL website palsu tersebut. Diharapkan melalui upaya sosialisasi ini, modus penipuan via SMS yang semakin marak tersebut dapat lebih diantisipasi, sehingga masyarakat/pelanggan akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan layanan XL. (bani)