BII Penyumbang Laba Tertinggi

NERACA

Kuala Lumpur - Bank Internasional Indonesia (BII)anak perusahaan grup Maybank di Indonesia, selama 2013 mencatat pertumbuhan laba bersih tertinggi dalam grup, mencapai 28 persen.

Kepada wartawan di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/2), Bersama Chairman, Presiden dan CEO Grup Maybank Datuk Abdul Farid Alias menjelaskan laba bersih itu didukung pertumbuhan penyaluran kredit yang juga tertinggi dalam grup, sebesar 27,9 persen.

Menurut dia, kinerja BII tersebut dicapai dengan dukungan aktivitas transformasi di internal bank, dan peningkatan sinergi yang fokus pada peningkatan produktivitas di seluruh basis nasabah yang luas di seluruh Indonesia.

Laba bersih BII tahun 2013 senilai Rp1,55 triliun berkontribusi sekitar 7,4 persen terhadap laba bersih grup Maybank senilai 6,55 miliar Ringgit Malaysia (sekitar Rp23 triliun).

Kontribusi BII terhadap laba bersih grup tersebut meningkat dari 7 persen pada tahun 2012.

Penyaluran kredit grup perbankan dan layanan keuangan berbasis di Malaysia tersebut selama 2013 mencapai 361,8 miliar Ringgit Malaysia, naik 14 persen dibanding tahun sebelumnya senilai 317,3 miliar Ringgit Malaysia.

Farid menjelaskan, penyaluran kredit grup tersebut dikontribusi oleh penyaluran kredit BII di Indonesia senilai Rp103,7 triliun, yang mengalami peningkatan 27,9 persen dibanding tahun 2012.

Pertumbuhan penyaluran kredit di Singapura berada di urutan kedua setelah Indonesia, sebesar 13,6 persen (melebihi target sebesar 11 persen).

Sedangkan di Malaysia pertumbuhan penyaluran kredit tidak mampu mencapai target 12 persen, hanya sebesar 11,9 persen. [bani/sylke]

BERITA TERKAIT

CLEO Bukukan Laba Bersih Rp 12,56 Miliar

NERACA Jakarta – Pada kuartal pertama 2018, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) membukukan laba bersih tumbuh sebesar 44,56% menjadi Rp…

Djakarta Lloyd Peroleh Laba Rp36,6 miliar

      NERACA   Jakarta – PT Djakarta Lloyd (Persero) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Gedung Kementerian…

Tembaga Semanan Raih Laba US$ 22,9 Juta

Sepanjang tahun 2017 kemarin, produsen tembaga-aluminium terbesar di Indonesia PT Tembaga Mulia Semanan Tbk membukukan laba kotor sebesar US$ 22,…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Penyaluran KUR Hingga April Capai 38%

      NERACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)…

Rupiah Bakal Tembus Rp15.000 Per Dolar?

      NERACA   Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar cenderung fluktuatif. Namun posisi rupiah masih rawan lantaran…

BI Naikkan Suku Bunga Acuan 25 Bps

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan "7-Day Reverse Repo Rate" sebesar 25 basis…