BNI Financial Board Game

Belajar Keuangan Dengan Cara Sederhana dan Menyenangkan

Sabtu, 01/03/2014

NERACA

Dalam rangka mendukung Strategi Nasional Literasi Keuangan yang telah diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menciptakan "BNI Financial Board Game".

BNI Financial Board Game adalah salah satu strategi BNI untuk memperkenalkan belajar keuangan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Selain itu BNI Financial Board Game juga digunakan sebagai salah satu alat kampanye BNI untuk memperkenalkan produk-produk BNI kepada masyarakat.

Direktur Konsumer & Ritel BNI Darmadi menuturkan program BNI Financial Board Game merupakan terobosan baru bagi masyarakat untuk belajar pengelolaan dan perencanaan keuangan secara sederhana dan menyenangkan.

"Alat ini dikembangkan oleh Tim Financial Planning BNI sebagai inovasi untuk mengatasi permasalahan masih sedikitnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pengelolaan dan perencanaan keuangan," ujar Darmadi di Jakarta belum lama ini

Sepanjang tahun 2014 BNI akan terus melakukan kampanye keliling untuk mensosialisasikan program pengelolaan dan perencanaan keuangan kepada kaum remaja lewat permainan BNI Financial Board Game for Teens di 15 Universitas dan lebih dari 20 Sekolah Menengah Atas.

BNI Financial Board Game didesain menyerupai permainan Monopoli. Permainan ini disiapkan sebagai alat untuk belajar mengelola keuangan dan perencanaan investasi yang disesuaikan dengan kondisi sektor keuangan di Indonesia dan beragam produk keuangan yang dimiliki BNI.

"Ini bukan sekedar permainan biasa, disini Anda belajar banyak hal tentang bagaimana mengelola keuangan-investasi-asuransi sampai sedekah atau charity, yang jika dilatih secara rutin akan mampu mempertajam Financial knowledge pemain," jelas dia.

BNI Financial Board Game dapat melatih penggunanya untuk dapat dengan lebih mudah dan lebih cepat memahami informasi lengkap mengenai seluk beluk dunia keuangan. Dimulai dari kondisi ekonomi makro, cara membelanjakan uang, hingga perbedaan karakter berbagai produk keuangan mulai dari perbankan, asuransi, dan produk investasi lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana menempatkan dana dan mengelola kekayaan finansial.

"BNI Financial Board Game akan dapat melatih siapa pun yang berminat untuk belajar mempraktekkan cara-cara pengelolaan keuangan secara benar, dan juga dapat membuka wawasan tentang produk bank, asuransi, dan investasi, serta mengajarkan cara berinvestasi seperti yang dilakukan oleh mereka yang kaya dan sukses,” tutur Darmadi.

BNI Financial Board Games dibuat dalam 3 versi, yaitu BNI Financial Board Game for Kids (untuk Anak-anak), BNI Financial Board Game for Teens (untuk Remaja dan Mahasiswa), dan BNI Financial Board Game for Professional (khusus untuk Dewasa).