Strategi Memilih Waralaba

Bagi sebagian kalangan, ada kalanya memiliki sebuah usaha adalah cita-cita yang sangat diidam-idamkan. Tetapi, sebagian yang lain menganggap kerja sebagai karyawan juga tak kalah hebat. Mungkin anggapan ini hanya berlaku bagi orang yang tidak mau kelar dari zona nyaman.

Ini dikarenakan mereka takut untuk memulai bisnis, takut akan kegagalan, dan ketakutan lainnya yang sering menghantui para entrepreneur pemula. Padahal, ketakutan-ketakutan tadi sesungguhnya tidak perlu lagi ada.

Karena, kini memiliki usaha sendiri dan sukses tentunya bukan hal yang sulit. Walaupun Anda minim pengalaman dalam bisnis, ada cara lainnya untuk membuka usaha dan sukses, yakni dengan terjun ke bisnis waralaba. Di sini Anda hanya cukup dengan membeli lisensi, setelah itu sebuah usaha jadi milik Anda.

Masalahnya, membeli lisensi sebuah waralaba juga tidak dapat menjamin usaha tersebut untuk sukses. Berapa banyak, pembeli waralaba gagal mengembangkan bisnis mereka. Mungkin permasalahannya, karena mereka tidak memperhatikan kualitas waralaba yang mereka beli. Alhasil, kerugian yang didapat.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah waralaba, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut ini. Pertama, jangan pernah tergiur dengan janji waralaba yang menjanjikan keuntungan dengan titik impas (BEP) yang cepat dengan keuntungan luar biasa.

Lalu, kenali dan pelajari sistem yang dibangun pemegang lisensi (pewaralaba), hal-hal seperti aturan, pengawasan, dan sebagainya harus diperhatikan agar Anda tak membeli waralaba laiknya membeli kucing dalam karung.

Langkah selanjutnya banyak bertanya, kepada siapa? Kepada parapembeli waralaba tersebut. Dari situ Anda bisa tahu seberapa besar keuntungan yang dapat diperoleh, dan meminta kiat-kiat bagaimana megembangkan bisnis.

Terakir, perhatikan kebutuhan pasar dan persaingan yang ada. Ini adalah kunci utama bisnis ini. bagaimana produk kita akan dicari sedangkan masyarakat tidak membutuhkannya. Karena itu, cermati pasar, dan bergeraklah di waralaba yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

BERITA TERKAIT

Sinergi DJP-DJBC: Strategi Pengamanan Keuangan Negara

  Oleh: Aditya Wibisono, Kepala Seksi Kerja sama dan Humas Kanwil DJP WP Besar *) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan…

Strategi BPIP Menangkal Perjuangan Khilafah

Oleh : Toni E dan Torkis T Lubis, Pemerhati Kebijakan Publik Sangat menarik mempertanyakan bagaimana perjuangan menegakkan khilafah untuk menggeser…

Allianz Indonesia Formulasikan Strategi Life Changer

      NERACA   Jakarta - Country Manager dan Presiden Direktur Allianz Life Indonesia Joos Lowerier mengatakan saat ini,…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pemerintah Segera Berlakukan Tarif Pajak 0,5 Persen Untuk UMKM

Penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar…

Ini Dia Kiat Sukses Binis Kuliner - Tingginya Persaingan

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tak pernah sepi, sehingga wajar saja jika banyak orang melirik bisnis…

Teguk Segernya Usaha Minuman Jus Buah

Minuman Jus buah,  memang tidak pernah surut mengingat minuman ini terus digemari. Rasanya yang segar dan kandungan vitamin serta serat…