Hilangkan Berisik dari Pintu

Sabtu, 01/03/2014

Kadangkala kita sering kali merasa terganggu dengan bunyi seperti berderit ketika membuka atau menutup pintu rumah. Hal ini mungkin sangat wajar terjadi di setiap hunian. Apalagi juga ada sebagian masyarakat yang beranggapan bunyi tersebut sebagai penanda (alarm) ketika ada orang yang masuk atau keluar rumah. Tetapi bagaimana jikalau suara berisik yang dihasilkan cukup besar, tentu saja itu akan sangat mengganggu.

Biasanya, bunyi berderit tersebut akan teredam di siang hari. Maklum, diwaktu siang terdapat kegiatan di dalam rumah dan mengakibatkan bunyi tidak terdengar, tetapi ketika malam datang bunyi yang dihasilkan sangat kencang. Hal-hal yang mengakibatkan hal tersebut biasanya karena engsel pintu yang mungkin kering.

Keringnya engsel pintu inilah yang mengakibatkan bunyi yang kencang saat bergesekan satu sama lain. Untuk menghilangkannya caranya lumuri engsel tersebut dengan minyak/gemuk. Bersihkan dan lumuri minyak pula grendel pintu untuk mencegah bunyi berisik ini.

Nah, bila Anda adalah orang yang merasa terganggu dengan suara berisik dari engsel pintu, tips di bawah ini mungkin dapat Anda lakukan untuk mengatasi suara berdecit pada pintu ketika ditutup maupun dibuka.

Cara pertama dan paling sederhana adalah dengan emberi pelumas/minyak pada engsel pintu.Jika tak ada minyakpelumas khusus, Anda bisa menggunakan minyak goreng. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bunyi berisik tersebut.

Tetapi, cara ini hanya efektif untuk sementara waktu saja, karena kotoran akan berkumpul dan akan menyebabkan bunyi datang kembali. Jika Anda ingin memperbaiki dengan lebih baik lagi, Anda bisa menggunakan cairan pelumas yang sekaligus bisa menghilangkan karat. Cairan ini banyak dijual di supermarket.

Cara kedua, kencangkan engsel pada pintu. Karena bunyi pintu yang cukup mengganggu juga bisa diakibatkan karena kendornya engsel pintu. Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri jika mau.Cukup periksa kondisi engsel pintu, lantas lihat apakah ada sekrup yang kendor, jika ada Anda bisa langsung mengencangkan kembali sekrup tersebut dengan obeng.

Jika sekrup tidak bisa dikencangkan, kemungkinan besar rumah sekrup yang berupa kusen atau daun pintu sudah longgar. Kalau sudah begini, ganti sekrup dengan ukuran yang lebih besar dan kencangkan.

Cara selanjutnya adalah memperbaiki engsel pada pintu. Jika tidak ada haldi atas tadi tetapi pintu masih berdecit, cara yang lebih baik adalah dengan memperbaiki atau mengganti engsel pintu, cara untuk melepas daun pintu memang sebaiknya Anda mendapat bantuan dari pihak lain, kalau tidak ingin banyak biaya keluar, Anda bisa menggunakan jasa anak istri, tetangga atau saudara lainnya untuk meminta bantuan memegang daun pintu.

Lalu lepaskan besi penghubung engsel. Setelah engsel terlepas, rebahkan daun pintu di lantai. Setelah itu, Anda tinggal melepas sekrup-sekrup yang ada pada engsel serta menggantinya. Setelah semua itu selesai, pasang kembali daun pintu dengan memasukkan besi engsel pada lubang pintu dan kusen. Setelah terpasang, olesi engsel dengan cairan pelumas supaya hasilnya lebih optimal.