Pintar Memilih Gadget

Membandingkan Kualitas Smartphone

Sabtu, 01/03/2014

Tidak ada yang meragukan bahwa kemajuan teknologi memanglah sangat membantu kehidupan manusia. Segala persoalan kini bisa dengan mudah diselesaikan dengan bantuan teknologi. Namun hal yang terpentingnya adalah sebenarnya bagaimana cara kita menggunakan teknologi dan memanfaatkannya dengan cerdas.

Kemajuan teknologi ini memang sudah merambah ke banyak bidang, bahkan pekerjaan manusia bisa berkurang hingga 70% dengan bantuan teknologi, hal ini tentunya sangat membantu kehidupan manusia. Segala teknologi ini pun dapat kita nikmati dengan mudah dan tentunya dengan sangat murah. Produk elektronik kini sudah sangat murah, siapa saja bisa mendapatkannya dengan gampang.

Membeli atau memilih perangkat gadget atau perangkat elektronik memanglah harus teliti. Bila ternyata kita membutuhkannya, sebaiknya kita pastikan kualitas perangkat gadget yang akan kita pilih atau kita beli. Dengan harga yang sama, pastikan kita akan mendapatkan perangkat yang lebih baik dan memiliki kualitas lebih dibandingkan dengan perangkat yang akan kita beli. Bila ada yang lebih baik, sebaiknya kita pilih yang lebih baik, agar apa yang kita keluarkan sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Sebelum membeli dan memilih perangkat gadget, sebaiknya kita melihat review-nya terlebih dahulu. Pilihlah media atau sumber yang tepat untuk melihat review sebuah produk atau sebuah perangkat gadget yang akan kita beli dan akan kita pilih. Jika kita membicarakan sebuah smartphone, maka beberapa tips ini sangatlah berguna.

Menentukan Merk

Setelah melakukan perencanaan anggaran ataubudgeting, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menentukan merk yang paling kita minati. Jika merk sudah kita tentukan, kemudian kerucutkan menjadi varian atau beberapa seri yang paling kita inginkan lalu mulailah bandingkan dengan beberapa varian yang serupa. Hal ini bisa dilakukan sebagai bahan perbandingan atau komparasi dalam mencari alternatif terbaik dari beberapa pilihan.

Jenis dan Kemampuan

Mengetahui performahardwaretentu akan membuat pilihan kita semakin terarah dan semakin baik. Hal pertama yang kita lakukan adalah mengecek prosesor. Prosesor merupakan salah satu hal yang paling penting yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Kecepatan serta performa sebuah prosesor akan sangat menentukan kecepatan suatu aplikasi pada saat dijalankan.

FiturSmartphone

Mengecek fitur-fitur apa saja yang menjadi standar bawaansmartphonedan jenis-jenis konektifitas jaringan sebuah smartphone juga menjadi hal yang penting. Semakin lengkap fitur-fiturnya, maka tentu akan semakin baik nilai smartphone tersebut. Mengenai jenis-jenis konektifitas sebuah smartphone, standarnya adalah GSM (900/1800/1900 MHz) & HSDPA (900/1900/2100) yang sudah mendukung koneksi jaringan di luar Indonesia sehingga kita tetap bisa terkoneksi dengan baik.

Sistem Operasi (Operating System)

Jenis-jenis operating system sangatlah bermacam-macam, dari mulai Android versi 1.1, Android versi 1.5 (Cupcake), Android versi 1.6 (Donut), Android versi 2.0/2.1 (Eclair), Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt), Android versi 2.3 (Gingerbread), Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb), Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich), Android versi 4.1 (Jelly Bean) dan yang terbaru Adroid versi Kitkat.

Layanan Purna Jual

Yang paling penting, layanan purna jual. Dukunganafter sales serviceyang baik tentu akan menjadi nilai plus dari suatu produk. Semakin banyak tempat-tempat layanan purna jual dari suatu produk, maka akan semakin memudahkan kita untuk bisa melakukan servis manakala smartphone yang kita miliki mengalami masalah. Selain hal tersebut, mendapatkan informasi yang detail mengenai masa garansi suatu produk adalah hal yang sangat penting.