CIMB Niaga Syariah Donasikan Satu Unit Ambulan

Senin, 24/02/2014

NERACA

Jakarta - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) mendonasikan satu unit mobil ambulan kepada Lembaga Kemanusiaan & Lembaga Amil Zakat, Yayasan PPPA Daarul Qur’an Nusantara (Daarul Qur’an). Daarul Qur’an nantinya akan memanfaatkan mobil ambulance tersebut untuk bantuan kemanusiaan (pertolongan segera pada orang sakit dan pengangkutan jenazah) bagi masyarakat kurang mampu di lokasi yang telah ditentukan Daarul Qur’an.

Head of Syariah Banking CIMB Niaga, U. Saefudin Noer mengatakan, aksi kemanusiaan ini merupakan kelanjutan dari program Unifying Spirit for Humanity periode tahun 2013 yang telah diluncurkan CIMB Niaga bersama 19 Lembaga Kemanusiaan & Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Juli 2013. Unifying Spirit for Humanity merupakan program rutin tahunan dari CIMB Niaga Syariah, dalam bentuk kemitraan dengan 19 LAZ dalam hal penyaluran Dana Kebajikan (Qardhul Hasan) dan Corporate Social Responsibility (CSR) CIMB Niaga Syariah, yang dipergunakan untuk kegiatan kemanusiaan & pemberdayaan masyarakat di berbagai lokasi di Indonesia.

Program ini memfokuskan pada community development, baik dalam aspek pendidikan maupun ekonomi. Tujuan pelaksanaan program Unifying Spirit for Humanity ini, lanjut Saefudin, antara lain agar masyarakat memanfaatkan secara efektif bantuan yang diberikan, untuk peningkatan ekonomi, pendidikan dan pemberdayaan maupun di lingkungan sekitar.

“Kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam program Unifying Spirit for Humanity diantaranya adalah pemberian beasiswa, program kesehatan masyarakat, hingga pelatihan kemandirian wirausaha,” jelas Saefudin di Jakarta, pekan lalu.

Agar bantuan lebih efektif, CIMB Niaga Syariah telah menjalin kerja sama dengan 19 LAZ yang kredibel, reputable berpengalaman, akuntabel, serta mempunyai program-program yang tepat sasaran ke masyarakat. PPPA Daarul Qur’an merupakan salah satu Lembaga Mitra yang mempunyai sejumlah program ke masyarakat, seperti Program Rumah Terampil Merapi di Sleman, Yogyakarta pada tahun 2012 dan Aksi Sosial Respon Bencana Banjir di Jabodetabek dan Manado) pada tahun 2013.

Semakin efektif

Progam Unifying Spirit for Humanity terus menunjukkan peningkatan positif di tahun ketiga penyelenggaraannya. Sejumlah lembaga baru telah bergabung, antara lain Yayasan Lentera Hati, Yayasan Tazkia Cendekia, dan Palang Merah Indonesia (PMI). Lembaga-lembaga tersebut bergabung bersama nama-nama lama, seperti Daarul Qur’an, LAZIS Nahdlatul Ulama (NU), LAZIS Muhammadiyah, Dompet Dhuafa (DD) Republika, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat, Al Azhar Peduli Umat, Badan Wakaf 165 dan Lembaga Mitra lainnya.

Di 2013, total dana kebajikan dan CSR yang disalurkan untuk program Unifying Spirit for Humanity sebesar Rp2,6 miliar, sumber dananya terdiri donasi nasabah dan mitra CIMB Niaga Syariah sebesar Rp2,1 miliar dan dari rekening CIMB Niaga Peduli sebesar Rp500 juta.

Program kemitraan bersama 19 Lembaga Mitra ini menjadi bagian dari proses transparansi atas penggunaan dana kebajikan dan CSR secara terbuka, akuntabel, dan jelas pertanggungjawabannya, kepada masyarakat. “Harapan kami, program ini dapat berjalan efektif setiap tahunnya, dan semakin banyak lagi masyarakat yang menerima bantuan dari dana kebajikan dan CSR CIMB Niaga,” tutup Saefudin. [rin]