BEI Sosialisasikan Laporan Keuangan Terintegrasi

Senin, 24/02/2014

Guna memberikan pemahaman kepada industri pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan sosialisasi kepada perusahaan tercatat atau emiten untuk meyeragamkan sistem pelaporan keuangan yang terintegrasi atau "extensible business reporting language" (XBRL).

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen mengatakan, tujuan penerapan XBRL itu agar investor baik domestik maupun global dapat lebih mudah melakukan analisis informasi,”Regulator juga akan semakin mudah memantau laporan emiten. Sistem pelaporan XBRL itu juga digunakan di sejumlah negara di dunia dan telah divalidasi baik untuk data kualitatif maupun kuantatif,”katanya di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dia mengemukakan bahwa sosialisasi XBRL itu juga dilakukan kepada Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Sosialisasi itu berlangsung hingga tiga pekan ke depan untuk ditanggapi oleh emiten dan asosiasi,”Implementasi sistem ini kami harapkan sudah dapat dimulai pada 2015,”ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Ito Warsito pernah bilang, penerapan sistem XBRL itu merupakan salah satu program negara-negara anggota Kelompok Ekonomi 20 (G-20) agar memiliki pemahaman yang sama dalam membaca laporan keuangan emiten,”Nantinya format pelaporan keuangan emiten di Indonesia akan sama dengan format pelaporan keuangan emiten di bursa negara lain. Ini memudahkan investor asing untuk melihat aset emiten Indonesia dan begitu pula sebaliknya," kata dia. (bani)