Melihat Bunga Terbesar Rafflesia Arnoldi

Sabtu, 01/03/2014

Menyinggahi pulau Sumatera belumlah lengkap bila belum menyingagahi Sumatera Barat. Sumatera Baratadalah salah satuprovinsi diIndonesia yang terletak di pulau Sumatera denganPadang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlahpulau dilepas pantainya sepertiKepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara,Riau,Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat berpenduduk dengan mayoritas beretnis Minangkabau. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya dengan sumber keanekaragaman hayati. Sebagian besar wilayahnya masih merupakan hutan tropis alami dan dilindungi. Berbagai spesies langka masih dapat dijumpai, misalnyaRafflesia arnoldii yang menjadi bunga terbesar di dunia,harimau sumatera, si amang, tapir, rusa,beruang, dan berbagai jenisburungdankupu-kupu.

Terdapat dua Taman Nasional di provinsi ini, yaituTaman Nasional Siberut yang terdapat dipulau Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai danTaman Nasional Kerinci Seblat. Taman nasional terakhir ini wilayahnya membentang di empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi,Bengkulu, danSumatera Selatan.

Selain kedua Taman Nasional tersebut terdapat juga beberapa cagar alam lainnya, yaitu Cagar Alam Rimbo Panti, Cagar Alam Lembah Anai, Cagar Alam Batang Palupuh, Cagar Alam Air Putih di daerah Kelok Sembilan, Cagar Alam Lembah Harau, Cagar Alam Beringin Sakti danTaman Raya Bung Hatta. Sumber daya alamyang ada di Sumatera Barat adalah berupabatubara, batu besi, batu galena,timah hitam,seng,mangan,emas, batu kapur,kelapa sawit,kakao,gambir dan hasilperikanan.

Batang Palupuh adalah sebuah tempat perlindungan bunga-bunga raksasa Rafflesia Arnoldi, yang hanya mekar setahun sekali pada bulan November. Pemandu dapat diperoleh dari kantor konservasi setempat. Berkeliling di tempat ini akan lebih baik jika berjalan kaki. Lihatlah kemegahan Rafflesia Arnoldi, bunga raksasa yang sebenarnya parasit, memikat serangga dan mencerna mereka untuk bisa berkembang. Tumbuh selama 9 bulan dan bunganya hanya bertahan sekitar satu minggu.

Karena Rafflesia Arnoldi hanya mekar selama seminggu, disarankan untuk datang pada bulan November dan berkonsultasi dengan agen perjalanan jika kita ingin melihat bunga ketika sedang mekar. Setelah melihat dari dekat dan menghirup aroma bunga, kita bisa berkuliner di dalam kota.