Jasa Marga Operasikan 6 Ruas Tol Tahun Ini

Jumat, 21/02/2014

NERACA

Jakarta - Direktur Keuangan PT Jasa Marga Tbk, Reynaldi Hermansjah mengungkapkan, perseroan pada tahun ini akan mengoperasikan enam ruas tol baru. Keenam ruas tol tersebut memiliki total panjang 46,3 kilometer yang terdiri atas JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ulujami Ruas Ciledug-Ulujami sepanjang 2 kilometer. Bogor Ring Road Ruas Kedunghalang-Kedungbadak sepanjang 2,1 kilometer, Gempol-Pandaan sepanjang 12 kilometer, Gempol-Rembang sepanjang 13,9 kilometer, Tol Porong-Gempol Ruas Kejapanan-Gempol sepanjang 4 kilometer serta Semarang-Solo Ruas Ungaran-bawen sepanjang 12,3 kilometer.

“Khusus ruas tol yang terakhir disebutkan, rencananya akan beropeasi pada bulan April 2014 mendatang,” ungkap Reynaldi di Jakarta, Kamis (20/2). Lebih lanjut dia menuturkan, pada tahun lalu, perseroan telah menyelesaikan pembangunan dua ruas tol baru sepanjang 18,23 kilometer yakni Jalan Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 kilometer yang telah beroperasi sejak 23 September 2013 serta Jalan Tol JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ciledug sepanjang 5,53 kilometer yang sudah beroperasi pada 27 Desember 2013 kemarin.

“Jika Jalan Tol JORR W2 Utara ini beroperasi, maka secara keseluruhan akan menghubungkan 5 ruas tol yang sebelumnya sudah beroperasi, yaitu Jakarta-Cikampek, Jagorawi, Jakarta-Serpong, Jakarta-Cikampek dan Tol Sedyatmo (arah Bandara Soekarno Hatta),” terang Reynaldi. Mengenai Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR), untuk Jalan Tol Bali Mandara telah dilalui 36 ribu kendaraan per hari. Sedangkan Jalan Tol JORR W2 Utara Ruas Kebon Jeruk-Ciledug dilalui 15 ribu kendaraan per hari.

Dengan beroperasinya JORR W2 Utara ini juga diperkirakan akan mengurangi kepadatan Tol Dalam Kota Jakarta sekitar 30%. Pasalnya, kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang akan menuju Bandara Soekarno Hatta atau Tangerang begitu pula sebaliknya, tidak perlu lagi melintas Tol Dalam Kota Jakarta. [ardi]