Trik Menggaet Pelanggan Loyal

Sabtu, 22/02/2014

Dalam bisnis, penjualan memegang peranan penting. Penjualan tak lepas dari adanya pelanggan-pelanggan yang membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Tetapi masalahnya, selain memperoleh pelanggan baru Anda juga harus bisa mempertahankan pelanggan lama Anda.

Adanya istilah lebih sulit mempertahankan pelanggan daripadamemperolehnya.Ungkapan ini memang benar adanya, pelanggan baru mudah didapat, karena bisanya mereka hanya mencoba produk yang kita tawarkan.

Sementara mempertahankan pelanggan agar loyal, tak sekedar hal itu karena pada dasarnya pelanggan yang loyal berasal dari pembentukan hubungan yang kuat dengan kosumen. Bagi Anda yang punya produk, tujuannya orang akan datang lagi menemui Anda untuk membeli lagi, bahkan memutuskan untuk berlangganan. Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tentunya, pelanggan dapat langsung merasakan jika Anda menggunakan mereka hanya untuk tujuan atau agenda Anda tersendiri. Untuk itu jalin terlebih dahulu kedekatan hubungan dengan pelanggan dan perlakukan mereka layaknya orang penting.

Kemudian, Anda harus konsisten dan dapat dipercaya. Ya, orang hanya akan memberikan kesetiaan kepada orang-orang yang mereka percaya. Pelanggan memutuskan apakah akan mempercayai Anda berdasarkan perilaku Anda sehari-hari.

Lalu, padakesempatanm tertentu pereratlahbhubungan dengan pelanggan. Seperti dengan mengirim kartu ulang tahun kepada pelanggan atau mengingat hari spesial mereka adalah salah satu cara untuk menarik perhatian pelanggan. Hadiah dan bonus juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.