Jangan Asal Promo di Media Sosial

Agar Pelanggan Bertambah

Sabtu, 22/02/2014

Membangun sebuah bisnis, sejatinya harus dipersiapkan strategi dan target bisnisnya, agar tidak mengalami kerugian atau bahkan gulung tikar. Dan yang paling penting adalah menentukan target pasar yang ingin dicapai terlebih dahulu.

Target pemasaran sebuah bisnis adalah sesuatu yang sangat penting yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan strategi marketing yang akan dijalankan nantinya. Dengan memiliki target pemasaran.

Ya, dengan target pasarlah seorang pengusaha memiliki gambaran strategi apa saja yang akan dilakukan dan paling efektif untuk mencapai target tersebut. Dan adanya target tentu saja akan memacu pengusaha tersebut dalam menjalankan usahanya.

Tak hanya target pasar yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha. Yaitu promosi. Belakangan ini masyarakat Indonesia boleh dibilang sedang “demam” berpromosi lewat media sosial. Pertanyaannya, apakah dengan jenis promosi macam itu akan mampu meningkatkan keberlangsungan usaha.

Media sosial macam twitter dan facebook memang paling banyak penggunanya di Indonesia. Dari sudut bisnis, hal itu bisa dilihat sebagai pangsa pasar yang besar. Wajar jika kemudian banyak produsen mulai melirik dua situs jejaring sosial tersebut untuk menarik banyak konsumen dan memaksimalkan penjualan mereka.

Media sosial memang sangat digandrungi sebagai sarana promosi yang bagus untuk bisnis Anda. Tetapi tentu saja, tak semua promosi di media sosial berjalan baik. Karena untuk hal yang satu itu diperlukan langkah-langkah, atau strategi yang tepat untuk mengoptimalkan penjualan usaha yang Anda miliki.

Meski demikian, tak banyak yang bisa memaksimalkan media sosial macam twitter dan facebook sebagai sarana promo produk mereka. Penyebabnya adalah tidak ada strategi dalam penggunaan dua fasilitas jejaring sosial tersebut.

Untuk itu, ketika menggunakan aplikasi media sosial seperti facebook misalnya, gunakan fasilitas halaman fan page, dan bukan di grup. Karena dengan caraitu, kita bisa menerima jumlah fan yang tak terbatas. Berbeda dengan grup yang jumlahnya terbatas.

Begitupun dengan media lain seperti twitter, dalam satu hari Anda lebih banyak mengisi linimasa twitter Anda dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi follower. Sementara untuk tweet promo, jangan gunakan terlalu sering, cukup menggunakannya dua kali dalam sehari.

Jangan lupa cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi, sehingga jika ada pemesananpelanggan calon pelanggan tidak akan mengalami kesulitan berarti. Untuk itu, cantumkan nomor telepon Anda, baik di halaman info facebook maupun twitter.

Intinya, promosi di media sosial tak akan berhasil jika tidak tau trik-triknya. Karena setiap media sosial memiliki karakter dan pengguna yang berbeda-beda. Untuk itu, cara pendekatan terhadap pengguna media sosial pun berbeda-beda.