Menciptakan Dapur Idaman

Semua orang, khususnya kaum ibu pasti menginginkan kalau dapur rumahnya selalu tampil bersih. Tak heran segala cara mereka lakukan agar dapur pujaan tampak bersihdan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Pasalnya, dari ruangan kecil tersebutlah makanan sehat yang nikmat untuk seluruh anggota keluarga diciptakan. Dengan kata lain, bagaimana ingin membuat makanan sehat kalau dapurnya saja tidak bersih alias kotor berantakan.

Untuk membuat dapur bersih dan sehat pemilik rumah harus terlebih dahulu apa fungsi dapur. Karena kini, telah ada banyak kalangan yang menggunakan dapur rumahnya bukan hanya sekedar untuk tempat memasak saja tapi juga dijadikan tempat untuk ngobrol santai dengan keluarga. Jadi letakkanlah meja makan dan kursi yang selesa atau nyaman untuk digunakan.

Sementara itu, untuk dapur minimalis, titik tumpuannya terletak pada sudut ruangan, jadi dalam pemilihan cat dinding gunakanlah warna netral untuk membuat pandangan agar tumpuannya tidak hanya terletak pada satu tempat saja.

Seperti diketahui, warna bisa menciptakan rasa emosional tertentu termasuk pada pandangan mata. Warnailah dapur Anda dengan warna yang Anda inginkan. Pilihlah warna-warna yang sejuk dipandang, seperti warna biru, warna ini dapat memberi kesan luas terhadap ruangan, sekalipun ruangan dapur Anda kecil.

Tetapi, warna-warna gelap pun tak kalah hebat, karena warna yang gelap atau warna tua bisa memberikan suasana dapur yang lebih akrab. Tentu hal ini, banyak dicari bukan oleh keluarga Indonesia.

Perhatikan pula warna lantai dapur Anda. Dapur yang berukuran ruangan kecil akan kelihatan nyaman kalau diatur dengan rapi. Nah, untuk itu, pada bagian lantai bisa menambahkan kemasan dengan hiasan tekstur warna tertentu yang sesuai dengan keinginan.

Sementara itu, untuk warna siling dapur, Anda bisa menambahkan dimensinya melalui tehnik pencahayaan. Hindarkan warna yang menyolok pada siling agar pandangan mata tidak silau ketika melihat ke atas siling dapur. Masih urusan warna, pilihlah perabot dapur yang sesuai dengan warna dinding.

Kemudian, untuk urusan rak dapur pilihlah rak berukuran lebih kecil untuk menghemat ruangan pada dapur. Biasanya rak digunakan untuk menyimpan makanan dan juga perkakas dapur. Pilihlah rak dengan bahan kaca, kayu, stainles atau plastik untuk menampilkan suasana dapur rapi dan bersih.

Satu hal lagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat dapur rapi dan sehat adalah dengan mengaplikasikan peralatan dapaur yang mewah. Perlu diingat, kata mewah yang disebutkan di sini bukan berarti harus mahal. Karena yang terpenting adalah peralatan tersebut bisa memberi kesan unik dan elegan. Contohnya, seperti menggunakan meja dan kursi kayu yang berbentuk ukiran, atau menggunakan lampu gantung yang unik dan antik.

BERITA TERKAIT

Panca Budi Idaman Bidik Pendapatan Tumbuh 11%

NERACA Jakarta - Tahun ini, emiten produsen plastik dan kimia, PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) membidik pertumbuhan pendapatan sebesar…

Menciptakan Pajak yang Ramah untuk UMKM

Oleh: Ma’ruf Gustomo, Mahasiswa PKN STAN *) Dalam beberapa tahun terakhir sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah berhasil menjelma…

Panca Budi Idaman Bangun Pabrik Baru - Genjot Kapasitas Produksi

NERACA Jakarta -  PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) berencana membangun satu pabrik plastik di wilayah Indonesia timur untuk memperluas…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Konsorsium Pengembang Bangun Cagar Budaya di Kawasan Menteng

Konsorsium Pengembang Bangun Cagar Budaya di Kawasan Menteng  NERACA Jakarta - PT Bangun Inti Artha, konsorsium pengembang Pikko Group dengan…

Usung Hunian Layak, REI Terpilih Penyelenggaraan FIABCI

Usung Hunian Layak, REI Terpilih Penyelenggaraan FIABCI  NERACA Jakarta - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) berhasil meraih kepercayaan dari anggota…

Produk Sandimas Penuhi Kualifikasi Standar Nasional Indonesia

Produk Sandimas Penuhi Kualifikasi Standar Nasional Indonesia NERACA Jakarta - Perusahaan penyedia bahan bangunan terbesar di Indonesia, Sandimas, menyatakan bahwa…