Dekranasda: Hijrah, Hak Pelaku Usaha Kecil

Kabupaten Sukabumi

Kamis, 20/02/2014

Sukabumi - Pengurus Harian Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi, Husni SE menilai, banyaknya pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) hijrah menjadi binaan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi, merupakan hak para pelaku usaha kecil.

“Saya rasa pelaku UKM dan IKM harus memanfaatkan peluang yang diberikan oleh Pemerintah yang mau membina dan memfasilitasi. Saya menilai banyaknya pelaku UKM dan IKM hijrah adalah hal yang biasa dan menguntungkan bagi Kabupaten Sukabumi,” ungkap Husni kepada Neraca, Selasa (19/2).

Hanya saja, lanjut pensiunan PNS di lingkungan Diskoperindag Kabupaten Sukabumi ini, Pemerintah Kota Sukabumi ketika menggandeng pelaku IKM dan UKM Kabupaten Sukabumi menjadi binaannya, seyogyanya membangun komunikasi terlebih dahulu. “Kita menyadari, di Kota Sukabumi itu sedikit pelaku UKM dan IKM. Mereka sangat membutuhkan binaan. Dan ini harus dimanfaatkan oleh pelaku IKM dan UKM. Hanya saja, harus dibangun komunikasi dengan Diskoperindag Kabupaten Sukabumi terlebih dahulu,” imbuh Husni.

Husni menyebutkan, pelaku UKM dan IKM yang hijrah ke Kota Sukabumi pun harusnya menyadari jasa Pemkab Sukabumi. “Apapun alasannya, para pelaku UKM dan IKM ini pernah menjadi binaan. Dan sebagai binaan, mereka harus beterimkasih keapda Pemkab Sukabumi,” tutur dia.

Ia menilai, hijrahnya para pelaku UKM dan IKM ini tidak ada kaitannya dengan regulasi. Sebab selama ini, ujar Husni, Diskoperindag sudah bekerja keras memajukan pelaku usaha kecil di daerah tersebut. “ Selama ini saya memandang Diskoperindag Kabupaten Sukabumi dalam membina pelaku usaha kecil sudah terdepan,” ungkap dia.