Nestle Edukasi Pentingnya Sarapan Sehat

Sabtu, 22/02/2014

NERACA

Banyak hal untuk mengedukasi tentang pentingnya sarapan sehat di kalangan anak-anak setiap hari. Seperti yang dilakukan Nestle Indonesia yang mencoba mengedukasi melalui komik.

Business Executive Manager Beverages Nestlé Indonesia Prawitya Soemadijo mengatakan, Nestlé Milo mengerti bahwa sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan oleh anak, karena sarapan memberikan energi agar anak siap menjalani hari-harinya.

Prawitya menambahkan selain meluncurkan dan mendistribusikan komik, Nestlé Milo juga ikut mengampanyekan pentingnya sarapan kepada anak Indonesia melalui program lima juta cup sampling ke sekolah-sekolah dan toko di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini telah rutin dilakukan setiap tahunnya mengingat sarapan adalah hal terpenting yang harus dilakukan anak untuk mengawali harinya agar memberikan energi.

Sedangkan hasil Analisis Data Konsumsi Pangan dari Riset Kesehatan Dasar 2010 (Riskesdas) terhadap 35,000 anak usia sekolah menunjukkan bahwa sebanyak 44,6% anak memperoleh asupan energi kurang dari 15% kebutuhannya saat sarapan.

Seharusnya sarapan dapat memenuhi 15-25% kebutuhan energi seseorang, karena sarapan dapat mempengaruhi daya pikir dan tingkat energi seseorang untuk beraktivitas sepanjang hari, terlebih lagi pada anak dalam masa pertumbuhan.

Ini menjadi momentum berkala setiap tahun dengan tujuan utama memberikan informasi, mengajak dan mendorong masyarakat agar menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang setiap hari.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof Hardinsyah mengatakan, Pekan Sarapan Nasional diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai momentum berkala setiap tahun untuk selalu mengingatkan dan mendorong masyarakat agar melakukan kebiasaan sarapan yang sehat dalam rangka turut mewujudkan gizi seimbang, karena sarapan adalah salah satu pilar gizi seimbang.

“Momentum ini dapat kita manfaatkan untuk mengedukasi anak Indonesia mengenai pentingnya sarapan guna membekali tubuh dalam berpikir, belajar dan beraktivitas fisik secara optimal setelah bangun pagi,” tuturnya.

Sebagai informasi Pergizi Pangan Indonesia adalah suatu himpunan pakar gizi dan pangan yang peduli terhadap pengembangan dan aplikasi iptek di bidang gizi dan pangan. Pergizi Pangan Indonesia merupakan inisiator penyusunan naskah akademik Pekan Sarapan Nasional yang menunjukkan pentingnya sarapan dan perlunya Pekan Sarapan Nasional yang disingkat Pesan diadakan setiap tahun.