Tingkarkan Profesionalitas Guru PAUD - AG-PAUD INDONESIA

NERACA

Asosiasi Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia diluncurkan di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis 13 Februari 2014. Pembentukan asosiasi yang direncanakan sejak 2010 dengan mengadakan pertemuan para dosen di berbagai kampus yang memiliki jurusan PAUD di Indonesia ini bertujuan meningkatkan profesionalitas dosen PG-PAUD di Indonesia.

APG-PAUD Indonesia akan membantu dan mengembangkan keilmuan anak khususnya pendidikan anak usia 0-6 tahun atau 0-8 tahun serta mendampingi pendidik PAUD di seluruh Indonesia.

Ketua Umum APG-PAUD Indonesia Dr Sofia Hartati mengatakan, jumlah anggota APG-PAUD diperkirakan mencapai 1.000 dosen dari 85 perguruan tinggi negeri/swasta yang memiliki jurusan PAD se-Indonesia. Keberadaan APG-PAUD menjadi mitra bagi pemerintah dan swasta dalam upaya meningkatkan pemerataan mutu pendidikan anak usia 0-6 tahun dan dalam merumuskan regulasi bagi pendidikan anak usia dini.

Selain itu, APG-PAUD diharapkan mampu mengembangkan model pendidikan dan kurikulum bagi PAUD, sehingga mampu mewujudkan anak usia yang berkarakter sesuai nilai dan budaya Indonesia.

Peluncuran APG-PAUD Indonesia ditandai seminar dan lokakarya nasional tentang pembelajaran sains untuk anak usia dini, kurikulum anak usia dini dan teori sosiokultural. Para nara sumber antara lain Prof Marilyn Fleer dari Monash University (Australia) untuk materi pengembangan kurikulum PAUD.

BERITA TERKAIT

Pasar Modal Indonesia Sudah Teruji dan Kebal - Dihantui Sentimen Tahun Politik

NERACA Jakarta – Tahun 2018 masih memberikan harapan positif bagi kinerja Bursa Efek Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang…

Utang Luar Negeri Indonesia Naik 10,1%

      NERACA   Jakarta - Jumlah utang luar negeri Indonesia di akhir 2017 meningkat 10,1 persen (tahun ke…

Indonesia Belum Miliki Cadangan BBM Nasional

      NERACA   Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengusulkan harus adanya pengadaan…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Pengembangan Strat Up Dimulai dari Kampus

      Pengembangan perusahaan pemula atau "start-up company" harus dimulai dari kurikulum di perguruan tinggi, demikian disampaikan Rektor Universitas…

Berpacaran Dibawah Umur, Ini Dampak Negatifnya

      Pada saat ini, kita hidup di dalam generasi milenial, dimana orang-orang hidup berdampingan dengan teknologi. Teknologi komunikasi…

Kembalikan Lagu untuk Anak Indonesia

      Lagu merupakan suatu bentuk seni yang digemari setiap kalangan dan sebuah bentuk ekspresi yang dapat menembus banyak…