OTP Geothermal Tingkatan Pelayanan Kesehatan Disekitar Lingkungan Operasionalnya

Selaras Prinsip GCG

Sabtu, 22/02/2014

Perlu adanya prinsip-prinsip GCG di dalam Perusahaan yang dikelola, agar dapat menghasilkan kinerja yang baik sesuai dengan nilai moral yang telah ditetapkan demi tercapainya tujuan dari perusahaan tersebut. CSR dalam prinsip GCG ibarat dua sisi mata uang.

NERACA

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terkenal sumber daya energi yang melimpah. Akan tetapi, hingga saat ini kebutuhan energi/ketenagalistrikan tersebut belum semua dapat terpenuhi.Padahal, energi sangat diperlukan dalam menjalankan aktivitas perekonomian.

Guna mengatasi masalah tersebut, penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan peran energi terbarukan dalam rangka menjamin keamanan pasokan energi (terutama listrik) dan memenuhi kebutuhan energi nasional yang semakin meningkat secara berkelanjutan.

Dalam hal ini, panas bumi merupakan sumber daya energi baru terbarukan yang ramah lingkungan (clean energy) dibandingkan dengan sumber energi fosil. Berdasarkan data Badan Geologi Nasional Indonesia (NGAI), potensi panas bumi sekitar 28.994 MWe (setara dengan 13 miliar minyak, ini yang merupakan terbesar di dunia).

OTP Geothermal, melalui anak perusahaannya PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) sebagai pemegang izin Wilayah Kerja Pertambangan Sorik Marapi-Roburan-Sampuraga, berkomitmen untuk mengembangkan proyek panas bumi yang berkelanjutan. Sorik akan menyediakan pasokan listrik yang bersih dan terbarukan dengan kapasitas 240 MW, tidak hanya untuk masyarakat lokal, tapi juga encukupi kebutuhan nasional. Perusahaan ini menjadwalkan mulai memasok listrik tenaga panas bumi ke PT PLN (Persero) pada akhir 2017 atau awal 2018.

“Sorik Marapi adalah salah satu dari sedikit proyek energi yang khas di Sumatera Utara dan akan membantu provinsi untuk mengatasi kekurangan pasokan listrik secara signifikan. Proyek ini akan menyediakan listrik murah yang dapat diandalkan untuk sekurang-kurangnya 30 tahun ke depan dan dapat diperpanjang untuk 30 tahun berikutnya. Energi panas bumi menghasilkan listrik yang bersih, terbarukan, dan berkesinambungan,” ucap Direktur Utama OTP Geothermal, Bret Mattes. OTP Geothermal menjalankan prinsip-prinsipGood Corporate Governance( GCG ) di dalam Perusahaan yang dikelolanya.

Salah satu dari empat prinsip GCG adalah prinsip responsibility (pertanggung jawaban) terhadap lingkungan fisik dan sosial, yang didorong melalui pendekatan etika pelaku ekonomi. Tiga prinsip GCG lainnya adalah fairness, transparency, dan accountability.

Bentuk pertanggungjawaban perusahaan adalah kepatuhan perusahaan terhadap peraturan yang berlaku, di antaranya termasuk masalah pajak, hubungan industrial, kesehatan dan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan hidup, serta memelihara lingkungan bisnis yang kondusif bersama masyarakat. Dengan menerapkan prinsip ini dalam kegiatan operasionalnya, perusahaan mempunyai peran untuk bertanggungjawab selain kepada shareholder juga kepada stakeholders-nya.

Selaras dengan budaya kerja OTP Geothermal yang difokuskan kepada filosofi Nihil Bahaya, OTP Geothermal bertekad mendukung peningkatan kinerja pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Mandailing Natal. Untuk itu, OTP Geothermal melalui anak perusahaannya SMGP mendonasikan satu buah unit ambulans yang telah dilengkapi dengan peralatan medis dan pengemudi terlatih kepada Puskesmas Desa Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan Selatan, pekan lalu di Kantor Bupati Mandailing Natal. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk nyata dukungan OTP Geothermal terhadap kepedulian kesehatan masyarakat di Mandailing Natal.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk bekerjasama dengan Bupati Mandailing Natal, untuk bertumbuh bersama masyarakat setempat, dan turut berperan aktif mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan fasilitas kesehatan bagi masyarakat Mandailing Natal. Kami berharap langkah nyata OTP Geothermal ini dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Mandailing Natal,” tambah Bret Mattes.

“Saya sangat menghargai rasa kemanusiaan OTP Geothermaldengan memberikan ambulans untuk menunjang kesehatan masyarakat,” kata Bupati Mandailing Natal Dahlan Nasution. Sebelumnya,OTP juga telah membangun sarana MCK, mushola, juga Pos Polisi Tambangan. Ambulans ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan yang sangat dibutuhkan di wilayah tersebut, yaitu kunjungan pelayanan rutin mingguan ke Posyandu di sekitar Panyabungan Selatan.