Jaringan Aman, XL Siapkan Bantuan

Senin, 17/02/2014

Pasca musibah bencana letusan Gunung Kelud di Jawa Timur kamis kemarin, PT XL Axiata Tbk (EXCL) memastikan jaringan di sekitar lokasi bencana relatif aman dan tidak mengalami gangguan yang berarti. Karena itu, layanan kepada pelanggan dan masyarakat tetap bisa berjalan secara normal. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Kemudian guna membantu memperingan korban bencana, XL juga segera menyalurkan bantuan kepada warga korban, “Kami turut prihatin atas bencana alam yang menimpa warga sekitar Gunung Kelud, dan akan berusaha untuk membantu aktivitas penanganan bencana semaksimal yang kami mampu dari sisi telekomunikasi. Team kami juga sudah ada di lapangan untuk terus memantau kondisi yang ada, baik menyangkut bantuan untuk korban maupun memastikan kondisi jaringan agar tetap bisa melayani masyarakat.”kata VP East Region XL, Titus Dondi.

Titus menambahkan, setidaknya ada 37 BTS di radius hingga 30 km, sebanyak 2 BTS di antaranya bahkan ada di radius kurang dari 9 km dari puncak Gunung Kelud. Sebagai antisipasi, XL akan memastikan ketersediaan genset dan tim yang bersiaga untuk segera mengatasi segala kemungkinan yang terjadi. XL juga menyiapkan 2 unit Mobile BTS.

Total Pelanggan XL di daerah sekitar Gunung Kelud (Malang, Batu, Kediri, Blitar, Jombang, Tulung Agung, Mojokerto) sekitar 2 juta pelanggan. Selain itu, dalam rangka membantu aktivitas aparat terkait dan relawan menanggulangan bencana, XL juga akan menyiapkan bantuan telekomunikasi, termasuk TUG (telepon umum gratis), pulsa, kartu SIM, dan akses internet di lokasi pengungsian. Selain itu, juga telah disiapkan dan segera akan dikirimkan bantuan berupa antara lain bahan-bahan pokok, obat-obatan, genset, dan peralatan tinggal di pengungsian. XL juga menyiapkan SMS donasi bagi seluruh pelanggan XL yang ingin berpartisipasi membantu korban bencana. Caranya dengan mengirimkan SMS, ketik KELUD kirim ke 5000 dan 2500 untuk donasi Rp. 5000 dan Rp. 2.500 (bani)