PNM Ungkap Rahasia Sukses Pengusaha

Jumat, 14/02/2014

NERACA

Bandung - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengungkap rahasia sukses para pengusaha di hadapan ratusan pelaku usaha mikro dan kecil, yang merupakan nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Pimpinan PNM Cabang Bandung, Puji Riyanto mengatakan tahun ini menyimpan tantangan ekonomi dan sosial yang tak lebih mudah dibandingkan tahun lalu. Namun, di balik itu tetap tersimpan kesempatan besar bagi para pelaku usaha mikro, dan kecil (UMK) untuk meningkatkan usaha mereka dengan tingginya permintaan di berbagai sektor barang dan jasa.

”Agar UMK bisa menangkap peluang tersebut, kami akan mengungkap rahasia sukses dari para pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya,” kata Puji, di sela acara Pelatihan dan Pembinaan Nasabah ULaMM di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/2). Menurut dia, sedikitnya ada 100 UMK nasabah ULaMM di wilayah Cimahi yang diberikan tips dan rahasia para pengusaha sukses dalam dalam mengelola keuangan secara efektif dan efesien di tengah tantangan. Kemudian salah satu tokoh pengusaha sukses yang bersedia membagi rahasia bisnisnya adalah Encon Rahman.

PNM Cabang Bandung saat ini mengendalikan operasional 30 outlet ULaMM, yang dibagi ke dalam enam klaster wilayah, yakni Cimahi, Padalarang, Cileunyi, Cipanas, Leuwipanjang, Sukabumi Sejak beroperasi pada 29 Agustu 2008, PNM cabang Bandung telah mendanai 14.211 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan total pencairan pembiayaan mencapai Rp803,9 miliar.

Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro I PNM, M. Lukman Rizal menambahkan PNM tidak hanya fokus pada bisnis pembiayaan mikro, tetapi juga mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM seperti yang diamanatkan Pemerintah. Dalam menjalankan misi tersebut, PNM giat melaksanakan pelatihan dan pendampingan usaha untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan pengetahuan dan daya saing usahanya.

“Setidaknya selama tahun 2013 saja PNM telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha sebanyak 208 kali di seluruh jaringan operasional PNM di Indonesia, dengan peserta mencapai 9.662 pelaku UMKM,” tutur dia.

Sebagai bagian dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), lanjut Lukman, PNM juga aktif mengupayakan perluasan akses pasar UMKM, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Kesepakatan kerja sama antara PNM dengan Japan External Trade Organization (Jetro) pada penghujung 2013, merupakan salah contoh upaya sukses PNM memfasilitasi pemasaran produk-produk nasabah binaan ke pasar Jepang. [mohar]