PNM Ungkap Rahasia Sukses Pengusaha

NERACA

Bandung - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengungkap rahasia sukses para pengusaha di hadapan ratusan pelaku usaha mikro dan kecil, yang merupakan nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). Pimpinan PNM Cabang Bandung, Puji Riyanto mengatakan tahun ini menyimpan tantangan ekonomi dan sosial yang tak lebih mudah dibandingkan tahun lalu. Namun, di balik itu tetap tersimpan kesempatan besar bagi para pelaku usaha mikro, dan kecil (UMK) untuk meningkatkan usaha mereka dengan tingginya permintaan di berbagai sektor barang dan jasa.

”Agar UMK bisa menangkap peluang tersebut, kami akan mengungkap rahasia sukses dari para pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya,” kata Puji, di sela acara Pelatihan dan Pembinaan Nasabah ULaMM di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/2). Menurut dia, sedikitnya ada 100 UMK nasabah ULaMM di wilayah Cimahi yang diberikan tips dan rahasia para pengusaha sukses dalam dalam mengelola keuangan secara efektif dan efesien di tengah tantangan. Kemudian salah satu tokoh pengusaha sukses yang bersedia membagi rahasia bisnisnya adalah Encon Rahman.

PNM Cabang Bandung saat ini mengendalikan operasional 30 outlet ULaMM, yang dibagi ke dalam enam klaster wilayah, yakni Cimahi, Padalarang, Cileunyi, Cipanas, Leuwipanjang, Sukabumi Sejak beroperasi pada 29 Agustu 2008, PNM cabang Bandung telah mendanai 14.211 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dengan total pencairan pembiayaan mencapai Rp803,9 miliar.

Sementara itu, Direktur Bisnis Mikro I PNM, M. Lukman Rizal menambahkan PNM tidak hanya fokus pada bisnis pembiayaan mikro, tetapi juga mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM seperti yang diamanatkan Pemerintah. Dalam menjalankan misi tersebut, PNM giat melaksanakan pelatihan dan pendampingan usaha untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan pengetahuan dan daya saing usahanya.

“Setidaknya selama tahun 2013 saja PNM telah melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha sebanyak 208 kali di seluruh jaringan operasional PNM di Indonesia, dengan peserta mencapai 9.662 pelaku UMKM,” tutur dia.

Sebagai bagian dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU), lanjut Lukman, PNM juga aktif mengupayakan perluasan akses pasar UMKM, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Kesepakatan kerja sama antara PNM dengan Japan External Trade Organization (Jetro) pada penghujung 2013, merupakan salah contoh upaya sukses PNM memfasilitasi pemasaran produk-produk nasabah binaan ke pasar Jepang. [mohar]

BERITA TERKAIT

Pengusaha Suriah Jajaki Bangun Pabrik di Indonesia

NERACA Jakarta – Para pengusaha asal Suriah yang tergabung dalam Arrasyid for Industry and Trade Group menggandeng Kedutaan Besar Republik…

PNM Dorong UKM Lebih Inovatif dan Kreatif

PNM Dorong UKM Lebih Inovatif dan Kreatif NERACA Jambi - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan pendampingan terhadap pelaku Usaha…

Presiden Jokowi Minta Nasabah Mekaar PNM Naik Kelas

Presiden Jokowi Minta Nasabah Mekaar PNM Naik Kelas NERACA Jakarta – Setelah Rabu (9/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi para…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Pertahankan Suku Bunga

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan 7-Day Reverse Repo Rate sebesar enam persen…

OJK Sebut DP 0% Gairahkan Sektor Produktif

      NERACA   Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengklaim kebijakan penghapusan uang muka kendaraan bermotor pada perusahaan…

SMF Kerjasama Operasional dengan Bank Penyalur KPR FLPP

    NERACA   Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama operasional dengan bank penyalur…