Strategi Pasarkan Usaha Cemilan

Sabtu, 15/02/2014

Hal terpenting dalam usaha adalah memasarkan sebuah produk usaha itu sendiri. Dalam hal ini usaha cemilan juga membutuhkan strategi penasaran yang jitu agar bisa diterima masyarakat luas. Merk yang tertera dalam kemasan sangat menunjang proses pemasaran. maka dari itu ada baiknya kita bekerjasama dengan perusahaan percetakan untuk mencetak kemasan produk.

Keuntungan utama dari sebuah promosi adalah produk yang dipasarkan akan dikenal lebih luas. Dengan kata lain, promosi adalah salah satu cara jika ingin produk cemilan dikenal banyak orang. Tetapi, sebelum mengambil langkah ini, pastikan dulu target pasar yang ingin kita jangkau. Adapun strategi promosi yang laik kita jalankan adalah sebagai berikut.

Door to Door

Jika kita menginginkan promosi terencana tak ada salahnya mengeluarkan sedikit dana. Namun, jika usaha kita tergolong baru kita bisa melakukan promosi tanpa mengeluarkan banyak dana. Yakni dengan promosi door tp door dan lewat mulut ke mulut.

Pameran

Ketika usaha mulai berkembang promosi yang telah disebutkan di atas tafi rasanya tidak efektif lagi. Ingin cara yang efisien kita bisa mngikuti ajang pameran. Untuk hal yang satu ini kita harus jeli melihat peluang baik untuk produk kita.

Berbeda promosi personal, promosi ini mengharuskan kita untuk mengeluarkan dana. Karena itu, Anda diharuskan menganggarkan dana promosi melalui pameran. Umumnya, untuk dapat ikut serta mengikuti pameran tergantung besar dan tidaknya suatu pameran. Selain itu juga tergantung seberapa besar booth yang akan digunakan menjajakan produk.

Iklan

Selain melalui pameran, promosi yang Anda bisa lakukan untuk memmasarkan produk cemilan kita yaitu melalui iklan. Baik melalui surat kabar, majalah atau radio dan televisi. Nah, untuk hal yang satu ini tentu saja kita diharuskan mengeluarkan biaya lebih besar lagi.

Yang jelas biaya iklan setiap media berbeda-beda satu sama lain. Untuk iklan di surat kabar atau majalah biasanya dihitung per barir. Sementara untuk iklan di radio dan televisi dihitung berdasarkan spot atau waktu yang dibutuhkan untuk satu kali iklan.

Nah dengan melakukan iklan tentunya kesempatan produk kita untuk dikenal masyarakat menjadi lebih besar lagi. Orang bisa tahu dimanapun dia berada, ini tentunya dapat membuat target pasar Anda menjadi lebih besar lagi. Hal ini berbeda dengan strategi promosi lewat pameran dimana khalayak harus datang dulu baru bisa tahu produk kita.

Brosur

Cara promosi lainnya adalah melalui pencetakan brosur. Buatlah brosur semenarik mungkin sehingga orang menjadi tertarik. Beberapa hal yang harus dicantumkan dalam brosur adalah nama danm tempat usaha serta produk yang kita tawarkan beserta gambarnya. Apalagi jika perusahaan kita sudah memiliki sertifikat halal dari MUI serta izin bari BP-POM, cantumkan pula hal itu. Sehingga orang yang membaca brosur kita semakin yakin akan produk yang kita jual.