Citibank Dirikan Family Children Centre Sinabung

Sabtu, 15/02/2014

NERACA

Citi Indonesia bekerjasama dengan Yayasan HOPE Indonesia menyediakan fasilitas ”Family Children Centre” untuk warga Desa Perbaji, korban erupsi Gunung Sinabung. Fasilitas Family Children Centre yang berlokasi di Desa Surbakti, 8 km dari Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, merupakan sarana khusus bagi anak, ibu hamil dan ibu menyusui untuk berkumpul, beraktivitas dan memenuhi kecukupan gizi selama mengungsi dari tempat tinggal mereka.

Director Corporate Affairs Head Citi Indonesia, Agung Laksamana menuturkan, Citi Indonesia dan Yayasan HOPE Indonesia telah dengan seksama merancang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dibawah fasilitas Family Children Centre yang berfokus kepada anak-anak dan ibu hamil serta menyusui.

”Selain kegiatan bagi anak dan ibu hamil serta menyusui, Family Children Centre di Desa Surbakti tersebut menyediakan perpustakaan kecil yang sekiranya dapat membantu mengisi waktu luang warga pengungsi dan anak-anak yang berhalangan sekolah,” kata dia.

Bagi anak usia sekolah baik SD, SMP maupun SMA, terdapat kegiatan belajar tambahan sesuai jenjang pendidikan di Family Children Centre yang diadakan sebanyak tiga kali dalam seminggu. Kegiatan belajar tersebut disampaikan oleh relawan Citibank dan Yayasan HOPE Indonesia dengan dibantu oleh guru-guru pengungsi. Citi Indonesia dan Yayasan HOPE Indonesia juga memberikan penyuluhan serta tambahan makanan bergizi setiap minggu bagi ibu hamil dan menyusui.

Fasilitas Family Children Centre untuk warga Desa Perbaji, korban erupsi Gunung Sinabung ini dibantu oleh lebih dari 24 relawan dari Citi Indonesia dan Yayasan HOPE Indonesia. Tahap awal, sarana ini diharapkan akan memberikan dukungan dan bantuan bagi 181 keluarga, yang terdiri dari 74 lansia, 240 orang dewasa, 62 balita dan 112 anak usia sekolah.

”Fokus aksi tanggap bencana untuk korban erupsi Gunung Sinabung adalah anak dan ibu hamil serta menyusui. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung, mengingat banyak sekali anak-anak yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung. Kami sangat menghargai bantuan dari seluruh pihak yang terlibat, khususnya Citibank Indonesia beserta relawannya sehingga fasilitas Family Children Centre dapat terlaksana,” ujar Senior Advisor Yayasan HOPE Indonesia, Charles Ham

Disamping program bantuan bencana bagi pengungsi Sinabung, Citi Indonesia dan Yayasan HOPE Indonesia juga telah memberikan perhatiannya kepada korban bencana banjir di Manado dan Jakarta. Penyediaan air bersih bagi korban banjir Manado telah dilakukan di 8 kelurahan yang terkena bencana yakni, Kelurahan Perkamil, Kelurahan Pal 2, Kelurahan Pal 4, Kelurahan Dendengan Dalam, Kelurahan Tikala Baru, Kelurahan Ketang Baru, Kelurahan Sario Utara, dan

Kelurahan Ranotana Weru. Family Children Centre yang berlokasi di Kelurahan Dendengan Dalam juga telah beroperasi sejak 27 Januari 2014 dengan jumlah pengunjung setiap hari sekitar 43 anak dan balita.

Di Jakarta, program Mobile Clinic, sebagai aksi tanggap bencana banjir di Jakarta telah berjalan sejak tanggal 25 Januari 2014 dan telah membantu lebih dari 827 pengungsi yang tersebar di 4 area pengungsian di Jakarta. Program ini merupakan kelanjutan dari inisiatif yang dimulai sejak tahun 2013 lalu.