XL Lakukan Terobosan Transformasi Jaringan - Tingkatkan Kualitas Layanan Jaringan

NERACA

Jakarta - Guna memberikan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanannya, PT XL Axiata Tbk (ECXL) tak pernah berhenti melakukan peningkatan kualitas jaringan melalui sejumlah inisiatif. Salah satu yang baru dilakukan adalah mengimplementasikan program tranformasi jaringan yakni peningkatan kualitas jaringan yang dirancang secara menyeluruh.

Disebutkan, program ini baru memasuki tahap awal, dimulai sejak akhir 2013 dan sementara dilaksanakan di empat kota, yaitu Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Malang. Hal tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (12/2).

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan mengatakan, program transformasi jaringan ini, perseroan menjalankannya dengan menggunakan pendekatan holistik yang melibatkan aspek teknis dan aspek bisnis, “Kedua langkah tersebut sekaligus merupakan pembeda yang mendasar antara program ini dengan program modernisasi lainnya yang telah kami lakukan sejauh ini. Kami berencana implementasikan program ini ke seluruh wilayah layanan XL,”ujarnya.

Ongki menambahkan, untuk dapat memfasilitasi peningkatan volume trafik serta tuntutan kualitas layanan yang lebih baik, XL memang juga harus melakukan peningkatan kualitas jaringan dengan menggunakan pendekatan bisnis, tidak hanya dari desain teknis jaringan. Selain menyangkut aspek teknis seperti ketepatan waktu, akselerasi alih teknologi 2G menuju 3G, serta optimasi, program ini juga memadukannya dengan aspek bisnis seperti strategi pemasaran, prioritasi penjualan, dan strategi distribusi yang tepat.

Evaluasi dan pemantauan secara menyeluruh terus dilakukan atas implementasi tahap pertama di keempat kota tersebut di atas. Sejak dimulai pada akhir tahun lalu, hasilnya menunjukkan kecenderungan yang positif. Hal ini ditandai dengan antara lain peningkatan trafik voice dan data, meningkatnya cakupan sinyal, meningkatnya pelanggan yang memanfaatkan teknologi jaringan 3G XL di wilayan terkait, dan menurunnya pengalaman “drop call” pelanggan. “Dengan perbaikan kualitas jaringan melalui program ini, XL mengharapkan pelanggan dapat menikmati kemudahan, kehandalan, ketersedian, cakupan dan kapasitas jaringan XL, yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menggunakan layanan dan produk XL (voice, sms, data). Pelanggan XL akan merasakan perbedaan jauh lebih baik dari kondisi sekarang baik itu dari sinyal, kualitas suara, dan kecepatan data,” kata Ongki.

Untuk program ini, XL bekerja sama dengan dua perusahaan yang memiliki keahlian di bidang jaringan telekomunikasi seluler, yaitu PT Ericsson Indonesia dan PT Huawei Tech Investment. Tidak hanya ahli di bidang teknik jaringan, program ini juga mengikutsertakan para tenaga ahli di bidang strategi pemasaran. Sampai dengan saat ini XL telah melayani lebih dari 60 juta pelanggan di seluruh Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke, dan didukung dengan ketersediaan infrastruktur jaringan Fiber optic, serta BTS sebanyak 44.946 ( 29.878 BTS 2G dan 15.068 BTS 3G). (bani)

Related posts