LG Targetkan Serap 27% Pangsa Pasar

Hadirkan Mesin Cuci Pintar

Rabu, 12/02/2014

NERACA

Jakarta - LG Elektronik Indonesia resmi meluncurkan mesin cuci pintar yang diberinama LG Sapience. Marketing Director LG Elektronik Indonesia Eric Setiadi menyatakan rasa optimisnya dengan hadirnya LG Sapience maka bisa mempertahankan posisi utama dengan target pangsa pasar sebesar 27%. "Untuk 2014, kami yakin bisa mempertahankan posisi utama dengan target pangsa pasar mencapai 27%," ungkap Eric saat peluncuran LG Sapience di Jakarta, Selasa (11/2).

Optimisme tersebut, sambung Eric, bukanlah alasan kuat. Pasalnya dalam 5 tahun berturut-turut, LG berhasil mengungguli para pesaingnya dalam meraih penjualan tertinggi untuk produk mesin cuci. Di 2013, LG kembali mendominasi penjualan lewat raihan 25% pangsa pasar. "Angka tersebut merupakan hasil dari penjualan mesin cuci dari 3 katagori utama yaitu dua tabung (twin tub), bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (front loading), " ujarnya.

Dijelaskan Eric, pusat kecanggihan dari LG Sapience terletak pada keberadaan fitur pintar heater system. Fitur ini, memanfaatkan suhu panas tertentu untuk memastikan tabung pencucian bebas dari debu, jamur, dan kuman yang mungkin melekat sebelum proses pencucian dilakukan. "Keuntungan lainnya, tabung mesin cuci LG Sapience menjadi lebih tahan lama dan terjaga kualitasnya," tuturnya.

Eric menambahkan dengan pencucian yang terbebas dari berbagai zat merugikan bagi kesehatan. "LG Sapience memberikan perlindungan lebih menyeluruh bagi higienitas hasil cucian sejak sebelum proses pencucian dilakukan. Hasil inovasi yang membawa perangkat rumah tangga ini berevolusi menuju era baru mesin cuci pintar," tambahnya.

Product Manager Washing Machine LG Electronics Indonesia Charlie Woo menambahkan pengoperasian fitur heater system pun tak susah. Cukup dengan menekan tombol yang didedikasikan khusus untuk mengaktifkannya, Heater System akan langsung mulai memanaskan tabung mesin cuci hingga mencapai tingkat suhu tertentu. Proses ini kemudian berlanjut dengan secara perlahan mengalirkan air panas ke dalam tabung hingga suhunya mencapai 60 derajat Celcius.

Dia mengatakan dengan aliran air yang terus mengaliri tabung pada tingkatan suhu inilah proses pembilasan tabung LG Sapience dimulai untuk memastikannya steril dari kuman dan jamur. “Sesaat setelah proses ini selesai, pengguna tak perlu khawatir pakaian yang akan dicuci justru jadi lebih tercemar dari berbagai zat yang merugikan kesehatan yang menempel pada tabung cuci,” ujar Woo.

Apalagi, menurutnya, material Full Stainless Steel yang diterapkan pada tabungnya turut menunjang untuk meminimalisir bertumbuhnya bakteri lebih baik ketimbang tabung cuci berbahan plastik. Menyempurnakan kerja LG Sapience dalam memberikan higienitas dan kebersihan hasil cucian, LG pun menyematkan fitur Warm Wash. “Memanfaatkan fitur yang memungkinkan pencucian dengan air mencapai suhu 60 derajat Celcius ini, pengguna akan beroleh hasil cucian bersih dan bebas dari kuman yang mungkin terbawa pakaian kotornya,” katanya.

Product Marketing Washing Machine LG Electronics Indonesia Harry Teja Sukmana, menuturkan bahwa performa dari mesin cuci LG Sapience kian prima berkat hadirnya fitur 6 Motion Technology. Diperkenalkan perdana pada jajaran mesin cuci kelas premium, fitur ini membuat LG Sapience mengadopsi enam gerakan tangan dalam proses pencucian pakaian. Teknologi ini merupakan sebuah terobosan inovasi LG yang tak terdapat pada mesin cuci konvensional lain.

Hal ini karena kerja mesin cuci konvensional hanya memiliki satu jenis gerakan pencucian yaitu memutar. Bila pun terdapat opsi gerakan untuk menyesuaikan dengan bahan pakaian, perbedaannya hanya kecepatan motor yang bergerak lebih perlahan. Sementara tabung pencucian tetap saja menggerakkan seluruh bahan cucian dengan berputar.

Pihaknya pun memasarkan mesin cuci barunya ini dalam rentang harga dinataranya khusus untuk seri WF-SA12HD6 dengan kapasitas tabung cuci 12 kilogram, harganya berada dalam kisaran Rp. 6,500,000. Untuk seri WF-SA15HD6 yang kapasitasnya 15 kilogram dan WF-SA17HD6 berkapasitas 17 kilogram, harganya Rp. 8,500,000 dan Rp. 9,000,000. Harga Rp. 11,000,000 ditetapkan untuk seri WF-SA20HD6 yang memiliki kapasitas terbesar yaitu 20 kilogram. “Dengan seluruh kepintaran yang terangkum di dalam LG Sapience, kami optimis untuk semakin mengukuhkan posisi LG sebagai pemimpin pasar mesin cuci di tanah air,” ujar Harry Teja.