CIMB Niaga Anugerahkan Beasiswa Unggulan

Alokasikan Rp2,6 miliar di 2013

Jumat, 07/02/2014

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk telah menganugerahkan beasiswa kepada 45 mahasiswa/i penerima Beasiswa Unggulan CIMB Niaga (30 mahasiswa/i penerima Beasiswa Unggulan CIMB Niaga periode 2013-2017 dan 15 mahasiswa/i penerima Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif/BUTIK CIMB Niaga tahun 2013). Di 2013, untuk kedua program ini, CIMB Niaga mengalokasikan dana sekitar Rp2,6 miliar (Rp1,8 miliar untuk program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga dan sekitar Rp800 juta untuk program BUTIK CIMB Niaga).

Disamping penganugerahan secara resmi beasiswa angkatan tahun 2013, CIMB Niaga juga menyelenggarakan syukuran lulusan bagi 30 mahasiswa/i penerima Beasiswa Unggulan CIMB Niaga periode tahun 2009 yang telah berhasil menyelesaikan studinya di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, L. Wulan Tumbelaka mengatakan, penyaluran beasiswa kepada masyarakat menjadi wujud konsistensi CIMB Niaga di bidang pendidikan, sekaligus bagian dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) CIMB Niaga, yang masuk ke dalam salah satu pilar CIMB Niaga Peduli, yaitu pilar pendidikan.

Wulan menambahkan, Beasiswa Unggulan CIMB Niaga merupakan hasil kerjasama CIMB Niaga dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD) RI yang diberikan sejak 2009. Sejak 2009 hingga 2013, CIMB Niaga telah menyalurkan Beasiswa Unggulan CIMB Niaga kepada 311 mahasiswa/i (281 penerima Beasiswa Unggulan CIMB Niaga, dan 30 penerima BUTIK CIMB Niaga). Di 2013, Beasiswa Unggulan CIMB Niaga diberikan kepada mahasiswa/i Indonesia berprestasi, untuk menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di 13 perguruan tinggi negeri dan 5 perguruan tinggi swasta di Indonesia.

“Sebagai bagian dari industri perbankan Tanah Air, CIMB Niaga bekerjasama dengan KEMDIKBUD RI turut aktif mencetak tenaga perbankan yang handal dan berkualitas melalui program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga. Selain memberikan bantuan pendidikan, biaya hidup, dan biaya pengembangan diri, program ini juga memberikan kesempatan kepada lulusan penerima beasiswa untuk bekerja di CIMB Niaga dan menjadi professional bankers,” terang Wulan di Jakarta, Kamis.

Sementara program BUTIK CIMB Niaga yang merupakan pengembangan dari program Beasiswa Unggulan CIMB Niaga diberikan mahasiswa universitas negeri dan swasta, yang telah duduk di semester 5 pada tingkat S1 dan semester 3 pada program Vokasi/Politeknik (DIII) dengan IPK minimal 2,75 dan memiliki usaha aktif setidaknya 6 bulan.

Menurut Wulan, CIMB Niaga melihat perlunya mencetak pelaku usaha muda yang dibutuhkan guna membangun bangsa di bidang ekonomi. Beasiswa ini selain memberikan biaya pendidikan, biaya hidup, subsidi modal usaha dan biaya pengembangan diri, penerimanya juga akan menerima kemudahan untuk menjadi nasabah CIMB Niaga serta dukungan untuk mengembangkan bisnisnya.

Komitmen CIMB Niaga di bidang pendidikan tidak hanya diwujudkan melalui Beasiswa Unggulan CIMB Niaga dan BUTIK CIMB Niaga. Selain kedua program tersebut, CIMB Niaga juga mempunyai sejumlah program beasiswa lainnya, yaitu Beasiswa CIMB Niaga (S1 Overseas) yang diberikan kepada pelajar tingkat SMA yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana di Malaysia (bekerjasama dengan CIMB Foundation), Beasiswa Khazanah Asia (S2 Overseas) yang diberikan kepada mahasiswa/i yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat S2 di Malaysia (bekerjasama dengan Khazanah Asia Foundation), dan Beasiswa CIMB Niaga Sampoerna Academy diberikan kepada pelajar SMA berprestasi di Bali.

Di 2013, CIMB Niaga juga kembali merealisasikan dua program beasiswa baru, yaitu Beasiswa CIMB Niaga KKI, yang diberikan kepada 9 pelajar tingkat SMK berprestasi (bekerjasama dengan Koperasi Kasih Indonesia); dan Beasiswa CIMB Niaga IKOPIN yang diberikan kepada 6 mahasiswa tingkat DIII (bekerjasama dengan Institut Koperasi Indonesia).

“CIMB Niaga akan terus berkomitmen mengembangkan pendidikan di Indonesia melalui beragam program beasiswa yang kami salurkan ke masyarakat. Hal ini juga menjadi wujud dukungan kami untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutup Wulan. [rin]