3 Earphone Premium Di Awal 2014

Sony, Beat Dan Roccat

Sabtu, 08/02/2014

Kini, banyak orang memilih mendengarkan musik dengan headset atau earphone. Selain tidak mengganggu orang di sekitar, mendengarkan musik dengan earphone memang lebih fokus. Namun tidak hanya itu saja, earphone tidak hanya untuk mendengarkan musik saja, tapi juga untuk bermain games.

Berikut ini adalah beberapa earphone premium yang mewarnai awal tahun 2014 ini. Yang pertama adalah gold wireless headset dari sony. Upaya Sony meningkatkan kualitas audio wireless di PlayStation 4 semakin terlihat dengan diluncurkannya headset wireless resmi terbarunya. Menghadirkan menawarkan suarasurround virtual7.1 langsung di telinga, headset ini juga kompatibel dengan aplikasiHeadset Companion, yang ada di PlayStation Store mulai bulan Februari.

Dengan aplikasi ini, kita dapat mengunduh mode audio yang diciptakan pengembang game sehingga kinerja suaranya akan lebih optimal untuk game tersebut. Sebagai contoh, kita telah dapat mengunduhcustom sound modeuntuk game Infamous: Second Son. Untuk game atau keperluan lain, aplikasi ini juga menawarkan beberapa setting mode audio untuk game, film, musik, serta mode EQ ciptaan kita sendiri.

Tidak hanya itu, headset ini juga disisipkan mikrofonnoise-cancelling tersembunyi yang dapat digunakan untuk ngobrol dengan lawan main saat bermaingame online. Headset Gold Wireless ini dapat digunakan di PS4, PS3 atau komputer yang menggunakan adaptor nirkabel. Daya tahan baterainya cukup panjang, yaitu mencapai sekitar 8 jam. Sony Gold Wireless Headset telah tersedia bulan Februari 2014 dengan harga US$99 atau sekitar Rp1,2 juta.

Earphone yang kedua yaitu Beats by Dr Dre, kali ini earphone berkolaborasi dengan perusahaan aksesori Graff Diamond yang berbasis di Inggris. Hasilnya terciptalah headphone yang dinamai Beats by Dre x Graff Custom Pro. Dilihat dari spesifikasinya, produk ini sebenarnya merupakan headphone Beats Pro yang dibanderol dengan harga US$449,95 atau Rp5,5 juta.

Setelah seluruh pemain di pertandingan final Super Bowl, yaitu Denver Broncos dan Seattle Seahawks yang bertanding tanggal 2 Februari lalu menggunakan earphone ini yang sebenarnya memang diperuntukan seluruh pemain di pertandingan final Super Bowl, harganya melonjak tinggi menjadi US$25.000 atau sekitar Rp305 juta. Sangat fantastis untuk harga sebuah headphone premium kelas profesional.

Headphone Beats Pro ini sendiri tadinya dirancang oleh Dr Dre untuk para musisi profesional, teknisi audio, dan para penggemar audiophile yang ingin merasakan performa audio seperti yang dibuat di studio rekaman. Tetapi, model yang ini menjadi istimewa karena dibuat secara terbatas dan tidak dijual di pasaran.

Headphone dilengkapi logo Super Bowl yang dibikin dari emas. Logo Super Bowl berwarna emas putih untuk Tim Broncos dan emas kuning untuk Tim Seahawks. Tampilannya juga tambah premium dengan hadirnya berlian pada logo. Headphone ini pun hadir dengan kotak penyimpanan khusus.

Dan earphone yang berikutnya adalah Roccat Kave XTD. Headphone ini menghadirkan sensasi bermain game yang lebih nyata. Kecanggihan Roccat Kave XTD terletak pada kemampuannya menghasilkan tata suarasurround5.1 melalui sepasangdriverberukuran 40mm yang bersembunyi di balik masing-masingearpad. Dengan total 4 buahdriverini Roccat Kave XTD jelas mampu menawarkan tata suarasurroundyang sesungguhnya.

Empat buahdriveryang dimilikinya disokong oleh kartu suara terintegrasi yang tanamkan padaremotekendalinya. Selain itu, Roccat juga menambahkanvibration unitberukuran 30mm untuk menyajikan tata suara yang senyata mungkin ke pengguna. Bluetooth pun dihadirkan guna melengkapi koneksi yang dapat dipasangkan ke smartphone sertamicberteknologiNoise Cancelling.

Lewat aplikasi pendukungnya,gamerskini bisa mengatur suara lewat bantuan smartphone atau sekadar menelepon sambil maingame. Dikabarkan Roccat Kave XTD dibanderol dengan harga sekitar US$170 pada awal tahun 2014 ini meski belum jelas kapan akan resmi ada di Indonesia.