Mencegah Flu Tak Cukup Minum Vitamin C

Sabtu, 08/02/2014

NERACA

Mencegah flu ternyata tidak cukup dengan vitamin C. Studi terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C hanya sedikit membantu dalam menghadang flu. Cara paling ampuh ternyata dengan mencuci tangan ditambah minum tablet zinc.

Menurut penelitian itu juga, minum ginseng, berkumur, mengoleskan salep hangat, dan homeopati ternyata tidak banyak bermanfaat dalam menghadang flu, kata penelitian yang dimuat di Canadian Medical Association Journal.

Antibiotik menurut para peneliti juga tidak efektif, karena bekerja memerangi bakteri sedangkan flu disebabkan oleh infeksi virus . Penelitian itu dilakukan Dr Michael Allan dari University of Alberta di Kanada serta Dr Bruce Arroll dari University of Auckland Selandia Baru.

Mereka menyimpulkan bahwa tangan yang bersih ditambah gosokan alkohol dan sarung tangan, adalah pencegahan terbaik terhadap flu. Hal ini mereka simpulkan setelah melakukan 67 percobaan. Para peneliti juga menyimpulkan suplemen zinc 10mg atau 15 mg/ hari dapat berguna menghadang flu pada anak-anak.

Lebih lanjut, para peneliti itu juga menemukan parasetamol, ibuprofen dan kemungkinan kombinasi antihistamin-dekongestan adalah pengobatan terbaik untuk flu. Menurut mereka, kepercayaan bahwa vitamin C membantu dalam mencegah dan mengobati pilek, ternyata sebagian besar berasal dari studi dengan kualitas buruk dan hasil yang tidak konsisten, demikian dilaporkan mailonline.