Peluang dan Strategi Usaha di Depan Minimarket

Sabtu, 01/02/2014

Belakangan ini sedang marak berkembangnya retailer-retailer dengan konsep mini market di tanah air kita. Alhasil, pertumbuhannya pun begitu masif. Memang di satu sisi keberadaan mereka bisa mengancam keberadaan pasar tradisional, tetapi di sisi lain, tentunya bagi orang yang memiliki sense of business, maraknya retailer-retailer macam Alfamart dan Indomart bisa menjadi peluang bisnis tersendiri.

Tentunya dengan membuka gerai usaha dihalaman retailer-retailer itu. Maklum, trafic pengunjung ke minimarket semakin hari semakin tinggi.Wal hasil, membuka usaha di depan mini market jadi ide yang cukup jeli.

“Kebetulan kontrakan saya dekat dengan mini market ini, dan suami saya sarankan untuk membuka usaha es teh ini di depan sini (Alfamart jalan Panjang). Karena menurutnya, peluangnya cukup bagus dan ternyata benar, usaha es teh saya langsung laris,” sebut ibu berperawakan China, Ichen.

Ya, kenyataannya memang seperti itu, kunjungan dari minimarket tersebut cukup ramai membuka kemungkinan penjualan juga akan terdorong naik. Walaupun memang semua tergantung kepada beberapa hal seperti jenis dagangan yang dijajakan dan juga tampilannya.

Tentu saja, akan timbul di benak Anda, apa sih yang membuat untung dari usaha didepan minimarket? Lantas, bagaimana kita bisa memperkirakan bahwa berjualan didepan minimarket ini memiliki prospek yang cukup bagus?

Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan mengapa bisnis ini patut dipertimbangkan. Pertimbangan pertama, tetu saja jelas mereka mendirikan sebuah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dengan melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Apakah di lokasi tersbeut ramai dan memiliki prospek.

Nah, dari situ saja kita sudah memiliki keuntungan yaitu hemat dan tidak usah meluangkan waktu dan pikiran untuk melihat suatu lokasi apakah prospek atau tidak ketika akan kita jadikan lahan atau tempat membuka usaha bisnis. Selain kita sudah mendapatkan informasi secara gratis bahwa tempat tersebut adalah sebuah tempat yang diprediksi memiliki kunjungan konsumen yang bagus (dari survey).

Maka secara tidak langsung apabila kita menjual sebuah produk atau barang dagangan yang dibutuhkan oleh keluarga baik orang tua maupun anak, tentu itu akan memberikan profit yang lumayan besar.

Mengingat saat ini pengunjung minimarket adalah para konsumen rumah tangga dan juga para anak muda. Maka kita bisa lebih mudah memprediksi produk apa sih bisa kita jual. Biasanya, produk kuliner merupakan produk yang paling banyak dijual para pebisnis usaha didepan minimarket.

Jika ingin berbisnis kuliner juga seperti martabak, gorengan dan aneka jus dan minuman maka sebaiknya disertai juga dengan memberikan nilai tambah lain yang sekiranya bisa membuat pengunjung melakukan pemesanan kembali.

Perlu diingat, kebersihan lapak dan warna yang jelas dan tegas akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan memalingkan perhatian mereka ke tempat usaha milik Anda, maka dari itu usahakan lapak dagangan bersih dan rapi serta dengan warna-warna mentereng tetapi nyaman dipandang.

Meski demikian, tidak semua jenis makanan diperbolehkan untuk dijual di depan minimarket. Untuk itu, tidak usah malu dan takut untuk bertanya kepada karyawan mereka. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan informasi yang diperlukan dalam rencana memanfaatkan sebuah peluang usaha berdagang di depan minimarket.