Jabatan Direktur Maksimal Dua Priode

Kini jabatan direktur dan komisaris independen hanya diberi waktu maksimal dua priode. Hal tersebut diatur dalam aturan baru yang dirilis PT Bursa Efek Indonesia (BEI), “Perusahaan tercatat juga harus mengisisi kekosongan posisi direktur dan komisaris independen paling lambat dalam RUPS berikutnya atau dalam waktu enam bulan sejak kekosongan terjadi," kata Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Ito Warsito di Jakarta, Senin (27/1).

Dia menjelaskan, masa jabatan direktur dan komisaris independen maksimal dua periode berturut-turut dan wajib dipenuhi dalam jangka waktu paling lambar enam bulan sejak diberlakukannya keputusannya tersebut.

Disebutkan, batasan maksimal masa jabatan tersebut, terdapat dalam peraturan yang diterbitkan BEI pada 20 Januari 2014 terkait keputusan direksi nomor : Kep-00001/BEI/01-2014 perihal perubahan peraturan nomor I-A tentang pencatatan saham dan efek bersifat ekuitas selain saham yang diterbitkan oleh perusahaan tercatat.

Oleh karena itu, kata Ito, direktur dan komisaris independen juga tidak diperbolehkan merangkat menjadi direktur di perusahaan lain, karena waktunya akan tertanggu. Selain itu, BEI juga mengeluarkan aturan baru tentang ketentuan mengenai jumlah saham yang beredar di publik (free float).

Peraturan tersebut tertuang dalam aturan Keputusan Direksi BEI Nomor Kep-00001/BEI/01-2014 perihal Perubahan Peraturan Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat. (bani)

Related posts