Jakarta Butuh Banyak Waduk

Jakarta Butuh Banyak Waduk

Daerah terbanyak terlibas banjir adalah di kawasan Jakarta Utara. Maklum, karena wilayah itu lebih rendah dari permukaan laut. Untuk mengatasinya, perlu dibuat sebanyak-banyaknya waduk di wilayah Jakarta Utara.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, waduk tersebut bisa berfungsi sebagai tempat tangkapan atau penampungan air hujan yang kemudian dialirkan ke laut. Paling tidak, kata dia, di Jakarta Utara diperlukan minimal dua hingga tiga waduk yang luasnya setengah atau satu kali luas Waduk Pluit.

Menurut Basuki, dengan lokasinya yang berada di bawah laut, di Jakarta Utara perlu dibangun banyak waduk sebagai ‘baskom-baskom’ yang bisa disedot dengan pompa. Sehingga sewaktu air datang, bisa cukup menampung. "Khusus di wilayah utara, minimal harus ada dua atau tiga waduk. Karena memang semua aliran air sungai atau hujan dibuang Situ Skuadron ke utara," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (22/1).

Dia menjelaskan, untuk membangun waduk, atau diistilahkan sebagai baskom, dibutuhkan waktu sekitar lima tahunan. "Bangun waduk itu, paling yang kami lakukan ya hanya mengurangi banjir saja. Seperti sodetan Cisadane, bila disetujui, dapat mengurangi 40 % aliran air Kali Ciliwung. Dengan begitu luapan air bisa dikurangi sebesar 40%," ujar dia.

Khusus Waduk Pluit, menurut Ahok, sapaan akrab buat Basuki, dengan normalisasi waduk itu, telah berhasil membebaskan kawasan Sudirman – Thamrin dari banjir. Tahun lalu, kawasan itu terkena impas banjir hingga melumpuhkan kegiatan usaha. Sedangkan, waduk Riario di kawasan Pulomas mampun membebaskan banjir di kawasan Pulomas dan Cempaka Putih.

"Meski Waduk Pluit baru berhasil mengurangi banjir Jakarta sebesar 20%, tetapi telah mengamankan Jalan Sudirman dan Thamrin dari genangan. Juga Pulomas dan Cempaka Putih, genangannya sedikit karena Waduk Ria Rio telah berfungsi," katanya.

Sebelumnya, Pemprov DKI berencana membangun waduk di Ciawi maupun menyudet aliran Kali Ciliwung ke Kali Cisadane. Khusus pembangunan waduk Ciawi, Pemprov Jawa Barat sudah memberi persetujuan prinsip. Sedangkan untuk menyudet Cisdane, masih terkendala izin dari Bupati Tangerang.

Padahal, itu bagian dari hasil rapat Katulampa yang dihadiri Gubernur DKI Joko Widodo dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Namun, Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak hadir. (saksono)

DAFTAR DANAU/WADUK/SITU DI JAKARTA

No. Nama

1. Situ Taman Ria Remaja

2. Situ Lembang

3. Waduk Kebon Melati

4. Rawa Rorotan

5. Waduk Pik I

6. Waduk Pik II

7. Waduk Muara Angke

8. Waduk Pluit

9. Waduk Sunter I

10. Waduk Sunter II

11. Waduk Sunter Barat

12. Situ Pademangan

13. Situ Bon Bin Ragunan

14. Waduk MBAU Pancoran

15. Waduk Kalibata

16. Rawa Ulujami

17. Waduk Setiabudi

18. Situ Babakan

19. Situ Mangga Bolong

20. Situ Rawa Kepa

21. Waduk Empang Bahagia Grogol

22. Situ Arman

23. Situ Elok

24. Situ Rawa

25. Pengilingan

26. Situ Rawabadung

27. Waduk PDAM

28. Situ Bea Cukai

29. Rawa Wadas

30. Situ Ria Rio

31. Situ TMII

32. Situ Rawa Segaran

33. Situ Dirgantara

34. Situ Rawa Dongkal

35. Situ Rawa Kelapa Dua Wetan

--------------------------------------------------------------------------------------------------- sumber: beritajakarta.com

Related posts