Langkah-langkah Membuka Taman Bacaan

Taman Bacaan, atau penyewaan buku memang sebuah peluang usaha yang cukup menggiurkan. Pasalnya, saat ini untuk membeli sebuah buku, seseorang diharuskan untuk merogoh koceknya dalam-dalam. Mungkin hal itu, bukan lah masalah untuk orang dari kalangan mampu, tetapi untk kalangan tak berada, itu menjadi kendala tersediri dalam belajar.

Nah, jika ingin memulai usaha ini, kita mesti menentukan dulu siapa yang dijadikan target pasar. Memang yang paling menjanjikan adala kalangan mahasiswa dan para penggemar komik. Selain tiu, kita juga bisa membidik para penggemar fiksi dan majalah.

Pemilihan target menjadi pertimbangan Kita dalam menyediakan jenis buku yang disewakan nanti, plus lokasi usaha. Jika targetnya mahasiswa, lokasi dekat kampus atau kawasan kos, tentu lebih menguntungkan.

Sementara itu, mengenai tempat usaha yang dibutuhkan untuk usaha ini sebenarnya tidak terlalu besar. Dengan ruangan hanya 3×3 meter saja sudah cukup. Namun, lebih besar memang akan lebih baik, mengingat jumlah koleksi yan dipajang dari tahun ke tahun pasti akan bertambah banyak.

Untuk buku-bukunya sendiri, kita bisa menggunakan sistem kerjasama dengan para penyuplai buku. Ya, setelah lokasi didapat, kita bisa segera menghubungi penerbit untuk mencari stok awal barang. Dengan membeli langsung ke penerbit, kita bisa mendapatkan buku dengan harga lebih murah.

Namun, jika penerbit sulit ditembus, kita bisa mengambil alternatif lain dengan membelinya dari agen-agen yang pasti ada di setiap kota. Untuk melengkapinya, kita juga bisa memasukkan koleksi buku-buku kita yang tersimpan di rumah atau memberli di toko-toko buku. JIka ada teman yang memiliki banyak koleksi itu tentunya akan lebih baik.

Karena, semakin banyak buku, akan semakin memperkaya koleksi taman bacaan kita. Apalagi usaha ini bukan tanpa pesaing. Setiap tahunnya, penyedia rental komik dan novel selalu bertambah. Itu sebabnya kita perlu memikirkan strategi bisnis untuk membuat usaha ini terus berjalan dan memiliki banyak pelanggan.

Kita juga bisa menyiasati dengan memberikan kesempatan untuk menjadi member atau anggota di taman bacaan. Beri iming-iming, jika menjadi anggota, para pelanggan akan mendapatkan keistimewaan tersendiri, berupa fasilitas diskon atau pemberitahuan adanya koleksi terbaru via sms atau e-mail.

Nah, soal kunci sukses usaha ini, selain kelengkapan koleksi buku yang disewakan, adalah pada pelayanan. Usahakan agar para pelanggan di taman bacaan tidak kecewa dengan kualitas pelayanan. Dalam hal ini adalah sikap ramah dan santun dari pegawai. Jika tempat usaha Kita cukup luas, Kita bisa menyediakan kursi atau sofa untuk pengunjung yang ingin membaca di tempat. Dengan menjaga kualitas, pelanggan akan merasa senang dan puas, berada di taman bacaan Kita.

BERITA TERKAIT

Sekprov Jabar Siapkan Langkah Terkait ASN Korupsi

Sekprov Jabar Siapkan Langkah Terkait ASN Korupsi NERACA Bandung - Sekretaris Provinsi (Sekprov) Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan sudah melakukan…

Langkah Inovatif untuk Mengatasi Ketimpangan Antarwilayah

    NERACA   Jakarta - Wakil Ketua Komisi XI DPR Marwan Cik Asan menginginkan pemerintah melakukan langkah-langkah inovatif untuk…

Menteri Siti Nurbaya: Langkah Koreksi Presiden Jokowi Bidang Kehutanan Mulai Dinikmati

Menteri Siti Nurbaya: Langkah Koreksi Presiden Jokowi Bidang Kehutanan Mulai Dinikmati NERACA Yogyakarta - Presiden Joko Widodo bercerita, empat tahun…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…