Akusisi Hotel, MNC Land Gelar Rights Isseu

NERACA

Guna meningkatkan modal, PT MNC LAND Tbk (KPIG) berencana melakukan penawaran umum terbatas (right issue) dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahlulu (HMETD) dengan saham yang dilepas sebanyak-banyaknya 1,460 miliar saham atau 22,6% dari total saham perseroan.

Hal tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin. Disebutkan, perseroan menawarkan harga sebesar Rp1.520 per saham dan harga nominal Rp500 per lembar. Adapun nilai keseluruhan mencapai Rp2,219 triliun. HMETD ini akan diperdagangkan di BEI selama 30 hari mulai dari 7 Februari 2014 hingga 20 Maret 2014.

Setiap pemegang 16 saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada 5 Februari 2014 berhak atas 5 HMETD untuk membeli satu saham baru yang penuh. Dan pencatatan atas saham yang ditawarkan ini seluruhnya dilakukan pada PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Nantinya, dana hasil rights issue akan digunakan perseroan untuk mengakuisisi 55,91% saham Bali Nirwana Resort (BNR) senilai Rp956 miliar. Selanjutnya, perseroan menganggarkan Rp600 miliar untuk mengakuisisi lahan-lahan strategis sebagai bagian dari rencana pengembangan perseroan maupun entitas anak.

Lalu sebesar Rp658 miliar akan digunakan sebagai modal kerja perseroan. Yakni, terkait dengan pembangunan gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan pinjaman bank. Tapi, jika perolehan dana right issue ini kurang dari Rp956 miliar, maka perseroan akan memfokuskan untuk melakukan akuisisi saham BNR. Perseroan berharap kepemilikannya di BNR mencapai 100%. (bani)

Related posts