Kehadiran IIMS 2014 - Kiblat Perkembangan Industri Otomotif Tanah Air

NERACA

Tahun 2014 digadang-gadang akan menjadi tahun penting bagi perkembangan industri otomotif secara global. Pasalnya pada tahun ini penjualan kendaraan dunia diprediksi akan menembus angka 85 juta unit.

Setali tiga uang, pasar otomotif nasional pun diproyeksikan masih memiliki potensi cukup besar untuk berkembang.Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)bahkanberambisi membawa industri otomotif Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Target ini menyusul pencapaian produksi dan penjualan otomotif nasional pada tahun2013lalu.

Data terakhir yang tercatat di Gaikindomenunjukkan angka penjualan mobil di pasar domestikhingga tutup tahun 2013 ini, mencapai 1.229.903 unit, menembus target penjualan Gaikindo yang menyasar angka 1,1 juta unit. Yang tidak kalah membanggakan adalah kenaikan signifikan pada angka produksi industri otomotif. Hingga akhir tahun 2013 angka produksi mobil mencapai1.208.165unit, naik sekitar 13% dibanding produksi pada tahun 2012 yang tercatat sebesar 1.065.557 unit.

Data ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri otomotif dan semakin mendorong ambisi Gaikindo untuk menjadikan Indonesia menjadi barometer industri otomotif di Asia Tenggara.

Asumsi positif dari banyak pihak terhadap industri otomotif Indonesia yang terus mengalir, turut mendorong sikap Gaikindo positif dalam menetapkan target tahun 2014 ini, “Pencapaian tahun 2013 merupakan rekor tertinggi yang pernah dicapai Gaikindo, dan kami positif tahun 2014 akan dapat mengejar pencapaian industri otomotif Indonesia pada tahun 2013 kemarin yang mencatat kenaikan nilai transaksi sebesar hampir 10%,” ungkap Sudirman MR, ketua umum Gaikindo.

Saat ini Gaikindo memproyeksikan penjualan Indonesia pada tahun 2014 dapat mencapai 1.250.000 unit. Target itu memperhitungkan beberapa faktor strategis yang berpengaruh seperti kenaikan harga minyak dunia, kenaikan upah buruh, dan kenaikan tarif dasar listrik, gas untuk industri, dan penyesuaian lainnya angka proyeksi penjualan pada tahun 2014 tersebut dianggap ideal.

Salah satu yang menjadi barometer gairah dan daya beli pasar domestik adalah pelaksanaanIndonesia International Motor Show (IIMS), ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini selalu mampu menarik perhatian dan keingintahuan publik terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia.

Berbagai produk dengan teknologi terkini yang hadir pada pelaksanaan IIMS 2013 tercatat berhasil menyedot perhatian 373.661 pengunjung, danselama penyelenggaraannya, IIMS 2013 berhasil membukukan nilai transaksi lebih dari Rp 4,9 triliun.

Johnny Darmawan, ketua penyelenggara IIMS 2014berharap, kenaikan penggunaan lahan tahun ini dapat memenuhi ekspektasi peserta IIMS 2014. Optimalisasi lahan hanya satu dari berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan IIMS 2014, kenyamanan pengunjung juga menjadi fokus lainnya dari panitia IIMS 2014.

Related posts