CIMB Niaga Bantu Korban Banjir DKI dan Manado

NERACA

Jakarta - Sebagian wilayah DKI Jakarta dan Manado saat ini terendam banjir. Tidak sedikit masyarakat yang harus mengungsi, meninggalkan rumahnya dan pindah ke lokasi yang lebih aman. PT Bank CIMB Niaga Tbk berinisiatif menyalurkan bantuan. Bekerjasama dengan dua lembaga swadaya masyarakat, Al-Azhar Peduli Ummat dan PKPU, CIMB Niaga mendirikan posko darurat di lokasi-lokasi yang cukup parah terkena dampak banjir. CIMB Niaga telah mengalokasikan dana sebesar Rp215 juta untuk bantuan di kedua wilayah ini.

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga, Lidya Wulan Tumbelaka mengatakan, banjir yang terjadi di DKI Jakarta dan Manado, menimbulkan kerugian materiil maupun imateriil yang tidak sedikit. “Di DKI Jakarta dan sekitarnya, terhitung sejak Senin (13/1), CIMB Niaga bekerjasama dengan Al-Azhar Peduli Ummat dan PKPU telah mendirikan posko darurat di wilayah yang cukup parah terkena dampak banjir, untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang Wulan di Jakarta, pekan lalu.

Saat ini, lima posko darurat telah didirikan di lima lokasi, yakni Kampung Melayu, Ulujami, Cipulir, dan 2 posko di Karawang (Pakis Jaya dan Muara Gembong). Adapun bantuan yang diberikan berupa penyediaan dapur umum dan logistik, serta aksi medis.

Meski banjir berangsur surut di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, bukan berarti masyarakat sudah bisa tenang. Situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (www.bnpb.go.id) menyebutkan, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, telah mengeluarkan Surat Pernyataan Siaga Banjir Jakarta terhitung mulai 13 Januari hingga 12 Februari 2014. Ini artinya, bahaya banjir sewaktu-sewaktu masih mengancam DKI Jakarta dan sekitarnya.

Wulan menambahkan, mengantisipasi peringatan pemerintah provinsi DKI Jakarta tersebut, CIMB Niaga bersama Al-Azhar Peduli Ummat dan PKPU telah menyiagakan sejumlah personel maupun logistik, yang sewaktu-waktu siap membantu masyarakat. Antara lain mendirikan posko darurat di area yang dirasakan perlu segera diberikan bantuan.

Sementara itu, banjir bandang yang terjadi di Manado, Rabu (15/1), membuat sebagian besar wilayah Manado lumpuh. Bantuan pun dikerahkan untuk membantu para pengungsi. CIMB Niaga bersama dengan Al-Azhar Peduli Ummat telah menyalurkan bantuan berupa penyediaan dapur umum dan logistik, serta aksi medis. Agar pendistribusian bantuan lebih optimal, posko darurat telah didirikan di Kampung Bugis, Manado.

Selain bantuan kepada masyarakat luas, lanjut Wulan, CIMB Niaga juga tak lupa memberikan bantuan kepada karyawan/ti-nya yang menjadi korban bencana banjir ini. [rin/sylke]

Related posts