Perluas Pasar, Antam Buka Cabang di China

Dalam rangka meningkatkan penjualan emas di luar negeri, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) resmi membuka kantor perwakilan di Shanghai, China. Alasannya, guna menunjang dan memperluas kegiatan pemasaran produk-produk perseroan. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Direktur Utama PT Aneka Tambang Tbk, Tato Miraza mengatakan, pembukaan kantor perwakilan di Shanghai dapat memperluas kegiatan pemasaran komoditas yang diproduksi perseroan, seperti feronikel, alumina dan batu bara,”Selain itu, kantor perwakilan Shanghai akan mempermudah dan mempercepat akses terhadap kesempatan kerja sama dan pencarian peluang pendanaan dari China,”ujarnya.

Dia menjelaskan, kantor perwakilan Shanghai tersebut akan berperan sebagai kantor perwakilan pemasaran di wilayah China. Diharapkan kantor perwakilan tersebut mempermudah kesempatan kerja sama, termasuk di bidang teknologi dengan perusahaan-perusahaan China dalam mengembangkan cadangan dan sumber daya perseroan melalui pengembangan fasilitas pengolahan dan pemurnian di Indonesia.

Kantor perwakilan di China merupakan kantor perwakilan ANTM kedua di luar negeri. Perseroan sebelumnya telah membuka kantor perwakilan di Tokyo, Jepang. Tahun ini, perseroan mengalokasikan belanja modal atau capex menjadi Rp 2,87 triliun. Belanja modal tersebut lebih besar dari rencana semula US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun. Namun, dibandingkan target 2013 senilai Rp 5 triliun, belanja modal tahun ini jauh lebih rendah.

Kata Tato Miraza, sebagai bagian dari efisiensi dan untuk menjaga arus kas perusahaan agar tetap sehat di tengah penurunan harga komoditas saat ini, belanja modal Antam 2014 ditargetkan mencapai Rp 2,87 triliun. Rencananya, dana capex tahun ini dialokasikan untuk keperluan proyek perseroan dan anak usaha. Proyek yang akan menjadi fokus perseroan adalah proyek Pomalaa dan FeNi Halmahera Timur.

Perseroan juga akan menggenjot produksi emas. Oleh karena itu, Antam menargetkan peningkatan volume penjualan emas menjadi 13,6 ton pada 2014. Penjualan tersebut meningkat 66% dari target 2013 sebesar 8,2 ton. Selain itu, Antam juga menargetkan peningkatan volume penjualan feronikel pada 2014 menjadi sebesar 20 ribu ton nikel dalam feronikel (TNi) atau meningkat 11% dibandingkan target 2013 sebanyak 18.000 Tni. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Laba Bersih Rukun Raharja Melonjak 150%

Di tahun 2023, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) membukukan laba bersih yang melonjak 150% year on year (yoy) menjadi senilai US$ 27,1…

Transformasi, WTON Luncurkan Logo Baru

Masuki hari jadinya ke-27, PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) atau WIKA Beton resmi meluncurkan logo baru yang menjadi simbol…

Pakuwon Jati Cetak Laba Bersih Rp2,1 Triliun

Emiten properti, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba bersih sebesar Rp2,105 triliun pada tahun 2023 atau naik 36,8% dibanding…

BERITA LAINNYA DI

Laba Bersih Rukun Raharja Melonjak 150%

Di tahun 2023, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) membukukan laba bersih yang melonjak 150% year on year (yoy) menjadi senilai US$ 27,1…

Transformasi, WTON Luncurkan Logo Baru

Masuki hari jadinya ke-27, PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) atau WIKA Beton resmi meluncurkan logo baru yang menjadi simbol…

Pakuwon Jati Cetak Laba Bersih Rp2,1 Triliun

Emiten properti, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan laba bersih sebesar Rp2,105 triliun pada tahun 2023 atau naik 36,8% dibanding…