Sinarmas MSIG-FWU Perkuat Penetrasi Pasar Syariah

NERACA

Jakarta - Setelah sukses mengembangkan bisnis syariah di Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Pakistan dan Malaysia beberapa tahun terakhir, FWU Insurance Group yang berkedudukan di Eropa memiliki pertumbuhan bisnis yang sangat menjanjikan hingga mampu merambah pasar di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Selain Malaysia, belum lama ini FWU telah berhasil merumuskan Kesepakatan Kerjasama dengan PT. Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life), perusahaan asuransi jiwa kedua terbesar di Indonesia dari sisi aset.

“Kami sangat terkesan dengan teknologi pendukung penjualan yang dimiliki FWU, demikian pula halnya dengan model investasi berbasis Quant yang memberikan peluang kepada pelanggan untuk dapat menikmati keuntungan investasi dari berbagai jenis produk syariah,” ungkap Johnson Chai, Direktur Utama Sinarmas MSIG Life. “Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi FWU dan kerja sama strategis dengan Sinarmas MSIG Life merupakan keberhasilan FWU untuk meningkatkan kontribusi kami bagi upaya promosi dan pengembangan asuransi syariah dan produk keuangan syariah di Indonesia. Kami menyediakan berbagai keahlian dalam sistem dan produk syariah yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia,” ujar Dr. Manfred J. Dirrheimer, Executive Chairman FWU Group.

FWU akan memberikan dukungan penuhnya guna memastikan kesuksesan pendistribusian produk unit link asuransi jiwa syariah oleh Sinarmas MSIG Life. Produk investasi syariah tersebut akan ditawarkan melalui jalur distribusi bancassurance. Dalam hal ini, sejumlah bank ternama telah diidentifikasi sebagai distributor potensial. Asuransi syariah telah mengalami perkembangan pesat di Indonesia sehingga permintaan dan kebutuhan akan produk asuransi jiwa syariah termasuk besar. Meskipun tingkat penetrasi asuransi di Indonesia tercatat hanya sebesar 2%, namun Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pasar yang luas dan berkembang pesat.

Oxford Business Group dalam laporannya berjudul “The Report, Indonesia 2013” mengungkapkan bahwa sejak tahun 2007, sektor asuransi Indonesia mencatat laju pertumbuhan majemuk tahunan (compounded annual growth rate/CAGR) premi bruto (gross written premium/GWP) sebesar 20% dan pertumbuhan aset sebesar 26% karena didukung oleh lajunya tingkat pertumbuhan ekonomi dan konsumsi domestik dalam beberapa dekade terakhir. Sementara pada tahun 2012, industri asuransi syariah Indonesia tumbuh pesat sebesar 26%, sedangkan industri asuransi hanya mampu mencatat pertumbuhan moderat sebesar 13%

Dalam hal ini, pasar asuransi syariah khususnya, berhasil mencatat laju pertumbuhan tahunan yang jauh lebih tinggi dibanding dengan asuransi konvensional. Laju pertumbuhan majemuk tahunan asuransi syariah dari tahun ke tahun sepanjang periode 2005 – 2011 meningkat 65%, dibanding pertumbuhan asuransi jiwa konvensional sebesar 26%. Ernst & Young dalam “Global Takaful Insights 2013” menjelaskan bahwa pasar Indonesia masih memiliki potensi untuk terus berkembang mengingat Indonesia merupakan pasar umat Muslim yang besar (87% dari total populasi) serta 250 juta jiwa yang belum seluruhnya terproteksi dilayani oleh industri perbankan syariah dengan nilai aset yang signifikan, yaitu US$16 miliar.

Potensi pasar asuransi jiwa syariah Indonesia jelas lebih besar, terlebih bila dibanding dengan pasar Malaysia yang tingkat penetrasinya sebesar 32%. Perekonomian dan jumlah populasi Indonesia yang terus berkembang juga berarti bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar terbesar di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara. Mengacu pada data di atas, maka kehadiran FWU di pasar Indonesia saat ini dirasa tepat. Sinarmas MSIG Life merupakan salah satu pelaku industri asuransi jiwa yang sudah berpengalaman dan memiliki pangsa pasar sebesar 12,4%. Sinarmas MSIG Life menawarkan berbagai macam produk, termasuk asuransi jiwa individu, kelompok dan syariah. Sinarmas MSIG Life memiliki 118 kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia dan melayani lebih dari 600 ribu nasabah.

“Kami sangat puas dengan terjalinnya kerjasama antara FWU dan Sinarmas MSIG Life. Kerjasama strategis ini merupakan “win win solution” di mana Sinarmas MSIG Life berkesempatan mengoptimalkan keahlian yang ditawarkan FWU dalam pengaplikasian digital dan investasi syariah. Sementara itu, FWU akan didukung oleh nama besar Sinarmas MSIG Life, pemahaman mengenai kondisi pasar asuransi lokal serta nasabah loyalnya,” kata Sohail Jaffer, Deputi CEO dari FWU Global Takaful Solutions. Melalui sistem penjualan dan administrasinya, FWU akan menyediakan dukungan teknis kepada Sinarmas MSIG Life dan mitra perbankannya untuk mempermudah dan memperkuat sistem pendistribusian produk asuransi jiwa syariah ke nasabah menggunakan sistem aplikasi online di seluruh cabang mitra perbankan. Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi asuransi jiwa syariah di Indonesia, terutama pertumbuhan produk unit link. Sebagai permulaan, Sinarmas MSIG Life menargetkan 30.000 polis unit link baru dalam tiga tahun pertama masa kerja sama dengan FWU. [ardi]

Related posts