Mau Mengoleksi Batik Khas Betawi? Ke Setu Babakan Aja!

NERACA

Pesona wisata Jakarta Selatan tidak hanya wisata belanja di daerahGolden Trianglesaja, tetapi Jakarta selatan juga memiliki wisata belanja berciri khas budaya Betawi di Setu Babakan.

Jika berbicara tentang pakaian Betawi yang selalu identik dengan warna cerah dan kita tertarik untuk memiliki pakaian adat tersebut, di Setu Babakan, tersedia toko yang menjual pakaian Betawi, khususnya batik Betawi dengan harga yang terjangkau dan tersedia dalam banyak variasi. Ukurannya pun juga beragam dan dapat digunakan oleh berbagai usia dari anak – anak sampai dewasa, laki – laki dan perempuan.

Di Setu Babakan, Batik khas Betawi ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Koleksi Batik khas Betawi milik Hj. Haerani yang berlokasi di Jalan H.Malih, berada di dekat dengan kantor sekretariat pengelola Setu Babakan dan searah dengan dodol terkenal milik Nyak Mai ini misalnya.

Wanita yang akrab disapa Ibu Oni ini menyediakan koleksi batik Betawi dan baju-baju batik betawi seperti dress, blues dan kemeja. Memang diakui oleh Ibu Oni tempat usahanya yang masih terlihat kecil namun semua koleksi yang dimilikinya sangat lengkap. Harga yang ditawarkan oleh ibu Oni juga bervariasi mulai dari Rp 80 ributapi dengan bahan yang berkualitas.

“Batik yang ditawarkan diambil langsung dari pengrajin dengan kualitas yang baik pula. Saya juga mengambil beberapa kerajinan miniatur ondel-ondel yang dikerjakan oleh orang-orang cacat dengan harga mulai dari Rp 15 ribu. Bagi yang sedang liburan ke tempat ini untuk oleh-oleh kaos atau batik dan souvenir sudah komplit disini,” kata dia.

Seperti diketahui, sejak Batik dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, Batik bisa dibilang bukan sekedar kain biasa, bahkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, terutama dalam hal berbusana.

Serupa dengan batik-batik di berbagai daerah di Indonesia, Jakarta yang notabene merupakan pusat budaya Betawi juga memiliki kekhasan corak kain batik yang kerap disebut dengan batik Betawi. Hanya saja, batik Betawi ini memang memiliki warna dan corak yang berbeda dari batik kebanyakan.

Batik Betawi rata-rata memiliki warna cerah serta motif-motif yang diambil dari nilai nilai budaya yang terdapat di masyarakat. Ondel-ondel, Sungai Ciliwung dan Peta Ceila adalah beberapa di antaranya yang menjadi corak khas Batik Betawi.

Misalnya Batik dengan motif Sungai Ciliwung, diharapkan jika memakai kain Betawi dengan motif ini maka si pemakaianya diharapkan rezekinya lancar seperti aliran air Sungai Ciliwung. Bahkan pada motif Nusa Kelapa tersimpan sebuah legenda bahwa daerah yang bernama Jakarta ini di masa lampaunya diberi nama Nusa Kelapa.

BERITA TERKAIT

Utang BUMN, Mau Untung Apa Buntung?

Oleh: Pril Huseno Dalam rapat dengar pendapat antara Direksi BUMN dengan DPR Komisi VI pada (03/12), terungkap bahwa besaran utang…

PAMERAN BATIK FASHION FAIR 2018

Seorang pengunjung mencoba batik hasil kerajinan industri rumahan yang dipamerkan ketika berlangsung Batik Fashion Fair 2018 di Mall Grand City,…

Ramaikan Suasana, HUT Kota Tabanan Pamerkan Berbagai UMKM Khas Tabanan dan Bagikan 2000 Gelas Kopi Gratis

Ramaikan Suasana, HUT Kota Tabanan Pamerkan Berbagai UMKM Khas Tabanan dan Bagikan 2000 Gelas Kopi Gratis NERACA Tabanan, Bali -…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Ini Strategi Pariwisata Era Digital Menpar

Menpar Arief Yahya berbicara soal Paradox Marketing Strategy for Government Public Relations (GPR) Menuju Era Komunikasi 4.0 dalam acara Sinergi…

Barelang Marathon di Meriahkan Ratusan Pelari Internasional

Program sport tourism Barelang Marathon 2018 mendapat respons positif dari 253 pelari dari lima benua yang berkumpul di Batam.  Nomor…

Pelabuhan Gili Mas akan Membawa Dampak Bagi Wisata Lombok

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid yakin Terminal Gili Mas yang sedang dibangun oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan menjadi…