Honda Resmikan Pabrik Anyar di Karawang

Beberapa hari lalu, PT. Honda Prospect Motor (HPM) meresmikan pabrik kedua di Indonesia yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut berlokasi di Jl. Mitra Utara II, Kawasan Industri Karawang Mitra ( KIM ), Jawa Barat.

Peresmian pabrik itu dihadiri oleh Presiden Direktur PT HPM Tomoki Uchida, President and CEO Honda Motor Takanobu Ito, Vice President PT HPM Kusnadi Budiman, Bupati Karawang Ade Swara, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Duta Besar Jepang di Indonesia Yoshinori Katori.

"Hari ini tentunya akan menjadi tonggak penting untuk bisnis Honda di Indonesia dengan mengumumkan pabrik kami yang kedua di Indonesia," kata Presiden Direktur PT. HPM, Tomoki Uchida di Karawang, Rabu (15/1).

Dia menyebutkan bahwa pabrik dengan kapasitas 120 ribu unit/tahun ini nantinya akan memproduksi varian terbaru Honda yakni Honda Mobilio. Dengan demikian, pabrik ini nantinya akan menambah kapasitas produksi pabrik Honda dari 80 ribu unit per tahun menjadi 200 ribu unit / tahun.

Selain itu, dengan dibukanya pabrik tersebut, Uchida mengklaim akan ada penambahan tenaga kerja baru sebanyak 3.900 orang. "Kami telah meningkatkan jumah karyawan di kedua pabrik kami, dari 3.600 orang menjadi 7.500 orang," katanya.

Sementara itu, President and CEO Honda Motor Takanobu Ito menyebutkan, pembukaan pabrik baru ini guna memenuhi permintaan pasar. "Dengan berjalannya pabrik ini, menjadi langkah awal untuk target kami ke depannya yaitu mencapai total penjualan 300 ribu unit pada tahun 2016," katanya.

Rilis Harga Mobilio

Selain meresmikan pabrik anyar di Karawang, Jawa Barat, Honda juga telah merilis harga mobil yang kabarnya nanti akan diproduksi di pabrik tersebut, Honda Mobilio, varian Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Varian terendah yakni Mobilio tipe E M/T dijual mulai dari harga Rp159, juta, sedangkan varian tertinggi yakni Mobilio Prestige dijual Rp198 juta. "Dengan mulai produksi, kami juga bisa mengumumkan harga untuk Honda Mobilio," kata Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy, menambahkan.

Untuk tipe E M/T, mobil ini dijual dengan harga Rp179 juta, sedangkan tipe E CVT dibanderol Rp189,5 juta. Kabarnya, pengiriman mobil akan mulai dilakukan pada 25 Januari dengan ditandai 160 hand over Mobilio. "Setelah itu akan kami kirim secara bertahap," tutup Jonfis.

BERITA TERKAIT

Satu Pabrik Gula Lagi Bakal Beroperasi di Sumsel

Satu Pabrik Gula Lagi Bakal Beroperasi di Sumsel NERACA Palembang - Satu pabrik gula lagi yakni PT Pratana Nusantara Sakti…

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord - Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal

Menteri LHK Resmikan IPAL Komunal Wetland-Biocord Atasi Pencemaran Limbah Rumah Tangga dengan IPAL Komunal NERACA Karawang - Menteri Lingkungan Hidup…

PCX Electric Resmi Diperkenalkan Astra Honda Motor

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi mengenalkan motor listrik PCX Electric di Indonesia. Sebelumnya motor listrik yang sempat diperkenalkan pada…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Diberi Kemudahan Perpajakan, Ekspor CBU Diperkirakan Terus Naik

Kementerian Perindustrian terus memacu industri otomotif di Indonesia gencar melakukan ekspor guna turut memperbaiki neraca perdagangan nasional. Langkah ini sesuai…

Honda Bocorkan Interior Purwarupa Mobil Listrik Terbaru

Menjelang peluncuran prototipe mobil listrik di ajang Geneva Motor Show pada 5 Maret 2019, Honda merilis sebuah foto yang memperlihatkan…

Suzuki All New Ertiga Diperkaya Sejumlah Fitur Baru

All New Ertiga yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, akan terlihat lebih menarik setelah PT Suzuki…