Kemenkop Targetkan KUR 2014 Rp38 Triliun

NERACA

Jakarta - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada 2014 senilai Rp38 triliun, meningkat dibandingkan target tahun sebelimnya Rp36 triliun. "Tahun 2013 penyaluran KUR target ditetapkan pemerintah Rp36 triliun tapi kita bisa capai Rp36,5 triliun, kalau untuk tahun 2014 kita targetkan Rp38 triliun," kata Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Syarif menuturkan, target penyaluran KUR tersebut akan mampu tercapai dengan catatan program baru yang di selenggarakan Kementerian KUKM berjalan dengan lancar. "Dengan catatan melakukan diversifikasi kredit skame, yang tadinya hanya untuk modal kerja, sekarang juga bisa investasi. Dengan demikian semakin meningkatkan kesempatankegiatan ekonomi melalui wirausaha," ujar Syarifuddin.

Kementerian KUKM sendiri mencatat jumlah penyaluran KUR yang telah diluncurkan sejak 2007 hingga kin mencapai Rp137 triliun dengan total penerima KUR sebanyak 10,4 juta orang.

Jumlah tersebut diharapkan akan terus meningkat dengan diimbangi adanya peningkatan target dan program diversivikasi kredit yang sudah diselenggarakan Kementerian KUKM. "Dengan semakin meningkatnya jumlah wurausaha akan membantu negara dalam mencatatkan angka minimal jumlah pengusaha untuk Indonesia yaitu sebesar dua persen yang saat ini baru sekita 1,65% dari total penduduk Indonesia," ujar Syarifuddin. [rin]

Related posts