Program Penanggulangan Kemiskinan

Program Penanggulangan Kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah dikelola oleh berbagai lembaga dan kementerian. Sebagian besar dikoordinasikan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Kartu Perlindungan Sosial (KPS)

Kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai penanda Rumah tangga Miskin. KPS memuat informasi nama kepala keluarga, nama pasangan, kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lainnya, dan alamat. KPS berguna untuk mendapatkan manfaat dari Program Subsidi Beras untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau disebut Program Raskin.

Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin)

Program Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) merupakan subsidi pangan yang diperuntukkan bagi keluarga miskin sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin.

Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas)

Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) adalah program bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan hampir miskin.

Semenjak diberlakukannya Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) semenjak 1 Januari 2014, maka program Jamkesmas melebur kedalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola olehBadan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk masyarakat miskin yang tadinya merupakan peserta Jamkesmas, iuran kepesertaannya dibayarkan oleh Pemerintah yang disebut sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Bantuan Siswa Miskin (BSM)

Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah bantuan yang diberikan kepada siswa dari keluarga kurang mampu untuk dapat melakukan kegiatan belajar di sekolah. Bantuan ini memberikan peluang bagi siswa untuk mengikuti pendidikan di level yang lebih tinggi.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah untuk penyediaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah pertama sebagai wujud pelaksanaan program wajib belajar 9 tahun.

Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah dana pinjaman dalam bentuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan atau Kredit Investasi (KI) dengan plafon kredit dari Rp. 5 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta.

Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM)

Diberikan kepada 15,5 juta rakyat miskin dan akan diberikan secara tunai sebesar Rp. 150.000,-/bulan. Anggaran untuk dana BLSM ini mencapai 11,6 triliun dana tersebut akan disalurkan selama 4 bulan.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM)

PNPM Mandiri Perdesaan PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Agribisnis/SADI (Smallholder Agribusiness Development Initiative), PNPM Generasi Sehat dan Cerdas; PNPM Lingkungan Mandiri Perdesaan (PNPM- LMP); Program Pengembangan Sistem Pembangunan Partisipatif (P2SPP); PNPM Mandiri Respek (Rencana Strategis Pengembangan Kampung); PNPM Mandiri Perkotaan atau Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP); PNPM Mandiri Infrastruktur Perdesaan; Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW); Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSimas); PNPM-Mandiri Daerah Tertinggal Dan Khusus/ Percepatan; PNPM Mandiri Kelautan Dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP); PNPM-Mandiri Pariwisata, PNPM-Mandiri Perumahan dan Permukiman (PNPM-Mandiri Perkim). (saksono)

Related posts