Jangan Remehkan Membersihkan Rumah Pasca Banjir

NERACA

Banjir di Jakarta datang lagi. Beberapa area pun tidak dapat menghindar dari meluapnya air ini akibat curah hujan yang tinggi. Bahkan wilayah-wilayah yang tidak pernah terkena banjir di tahun-tahun sebelumnya pun, kini ikut mengalaminya.

Tentunya setelah banjir reda, Anda harus memberikan waktu lebih untuk membersihkan rumah. Membersihkan rumah pasca banjir ini tidak dapat diremehkan. Semakin lama Anda membiarkan kerusakan tersebut, maka akan semakin besar kerugiannya. Dengan cara dan trik yang benar dalam membersihkan rumah, Anda dapat meminimalkan kerugian akibat banjir sekaligus menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Jangan lupa mematikan aliran listrik di area yang ingin dibersihkan. Aliran listrik yang masih menyala dapat membahayakan nyawa Anda jika ternyata masih ada air yang tergenang.

Sebelum memulai pekerjaan Anda, sebaiknya kelompokkan dulu barang-barang di rumah Anda.

Furniture, perhatikan bagaimana kondisi sofa dan tempat tidur. Apakah terendam banjir seluruhnya dan basah? Jika iya, sebaiknya tidak usah pikir panjang untuk membuangnya. Walaupun sudah dijemur dan kering, jamur dan kuman yang menempel tidak otomatis hilang.

Karpet, jika karpet Anda sudah terkena jamur, buang segera. Jamur bisa membahayakan kesehatan anggota keluarga.

Bahan kayu, pastikan Anda memperbaiki bagian-bagian rumah yang berbahan kayu. Apalagi kalau bagian-bagian tersebut lapuk karena banjir. Misalnya saja jendela atau pintu. Bahan berkayu yang basah cenderung mudah ditumbuhi jamur.

Related posts