Tips Cerdas Berkendara Kala Hujan

Belakangan ini, hujan deras karap kali mengguyur Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Hujan lebat yang berlangsung beberapa jam itu menyebabkan beberapa jalan tergenang ai dan mengganggu para pengguna jalan.

Gangguan parah dapat terjadi di jalan raya dan jalur kereta, karena itu pengemudi disarankan untuk tidak keluar kecuali benar-benar mendesak. Berikut beberapa tips mengemudi dalam kondisi banjir seperti dinukil The Independent.

Pertama, pastikan wiper dan lampu mobil tidak aus atau rusak, dengan demikian pandangan pengemudi tidak akan terganggu derasnya air hujan. Selain itu, usahakan berkendara tak terlalu dekat dengan kendaraan lain yang ada di depannya.

Kedua, jangan mengemudi dengan kecepatan kencang ketika melewati genangan air. Karena pengemudi mobil bisa saja kehilangan kendali kemudinya kala melintasi genangan air tersebut. Jika tidak dapat melihat jalan, tentu pengemudi tidak akan tahu seberapa dalam airnya. Mengemudilah secara perlahan dan gunakan gigi yang lebih rendah.

Ketiga, ketika hujan lebat turun, jangan mengemudi di jembatan yang rawan, karena kendaraan dapat hanyut atau terkena benda-benda lain di air yang mengalir dan akan membuat bodi mobil rusak.

Terakhir, jika yang Anda kendarai mobil mogok di saat hujan, jangan buka kap mesin terlalu lama dan lebar karena air hujan yang turun dapat membasahi mesin. Dan berimbas pada semakin rusaknya mesin mobil Anda.

Related posts