Cipaganti Buka Pasar Kawasan Timur

Guna meningkatkan pendapatan, PT Cipaganti Citra Graha Tbk (CPGT) terus membuka pasar baru. Tahun ini, perseroan bakal pasar transportasi di kawasan Indonesia Timur yaitu wilayah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan, “Kita inggin ke Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Saat ini baru survei," kata Seketaris Perusahaan PT Cipaganti Citra Graha Tbk, Toto Moeljono di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, pembukaan pasar baru dimaksudkan untuk memperkuat bisnis transportasinya di wilayah-wialayah yang sudah beroperasional, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ke depan, perseroan akan masuk ke kota-kota di luar pulau Jawa.

Dia menuturkan, kawasan Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan akan disi oleh kendaraan jenis shuttle dan tahap awal membuka satu rute di masing-masing wilayah. "Jumlah armadanya sedikit karena buka satu rute dulu. Kita tunggu hasil survei di kota tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Toto mengatakan, untuk kinerja perseroan pada tahun ini mengacu pada pertumbuhan industri transportasi secara nasional yang diperkirakan naik 20% sampai 30%."Kinerja kita belum bisa katakan. Kalau menggunakan angka industri transportasi angkanya 20 sampai 30%. Tapi saya belum bisa katakan tumbuhnya di atas itu atau sama," jelasnya.

Tercatat, perseroan telah merealisasikan dana hasil penawaran saham perdana atau IPO sebesar Rp68,61 miliar. Sekitar 31,91% atau sekitar Rp21,90 miliar untuk pembelian 200 unit kendaraan shuttle dan travel. Selanjutnya, 48,05% atau sebesar Rp32,96 miliar untuk pembelian 425 unit taksi. 14,57% atau sebesar Rp10 miliar untuk pelunasan pembelian tanah lokasi kantor dan pool. Sisanya sebesar Rp3,75 miliar atau 5,47% untuk tambahan modal kerja. (bani)

Related posts