Metland Fokus Kembangkan Bisnis Perhotelan - Targetkan Recuring Income Tumbuh 40%

NERACA

Bekasi – PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) berencana meningkatkan porsi pendapatan berulang (recuring income) menjadi 40% di tahun ini dengan fokus mengembangkan bisnis perhotelan.

Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk Nanda Widya mengatakan, perseroan telah menyiapkan dana Rp160 miliar untuk mengembangkan tiga hotel yang telah dimilikinya, “Ketiga hotel yang dimiliki yang akan dikembangkan adalah di Lampung dengan nilai investasi Rp40 miliar, Cirebon Rp40 miliar dan Extension Bekasi Rp80 miliar,”ujarnya di Jakarta, Rabu (8/1).

Untuk pengembangan hotel di Bekasi, nantinya akan ditambah 102 kamar, dua lantai untuk lahan parkir dan satu lantai khusus untuk restoran. Kemudian Hotel Horison Bekasi yang telah memiliki 160 kamar akan diubah namanya menjadi Hotel Horison bekasi Extensoin. Rencananya, hotel tersebut akan selesai pembangunannya pada Mei 2014, sehingga pada Juni 2014 sudah dapat beroperasi.

Menurut dia, pengembangan hotel Horison Bekasi merupakan jawaban akan semakin tingginya tingkat hunian hotel tersebut. Hingga Desember 2013, tingkat hunian hotel Horison mencapai 82%. Sehingga perseroan berinisiatif untuk menambah jumlah kamar dan fasilitas penunjang lainnya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa pada tahun ini perseroan masih memiliki 7 proyek yang akan di launching dana akan menjadi recuring income bagi perseroan. “Kita memang sedang mengusahakan peningkatan recuring income mennjadi 40% sementara sisanya 60% masih didominasi dari residensial”, katanya.

Untuk jumlah kamar yang akan dioperasikan pada tahun ini dari sejumlah hotel yang dimiliki perseroan sebanyak 500 kamar dengan tarif yang berbeda-beda. Artinya, perseroan akan memperoleh pendapatan recuring income cukup besar ditambah dari pusat perbelanjaan yang dimiliki perseroan saat ini.

Pada kesempatan tersebut, perseroan juga memperkenalkan merek Metland Hotel sebagai bagian dari rencana bisnis Metland. Jika selama ini menggunakan nama Hotel Horison dan @HOM Hotel, maka ke depan Metland akan menggunakan nama Metland Hotel yang sejalan dengan rencana ekspansi perseroan dalam usahanya di lini perseroan,”Pemilihan nama ini juga sejalan dengan rencana ekspansi perseroan dalam usaha perhotelan ke daerah-daerah. Kami akan menghadapi persaingan sehat dengan memberikan konsumen lebih banyak pilihan tempat untuk menginap”, ungkapnya.

Terkait dengan rencana bisnis ini, menurut Corporate Affairs Director and Corporate Secretary perseroan Olivia Surodjo, pegantian nama ini akan dilakukan secara bertahap terhadap hotel-hotel yang dimilikinya seperti Hotel Horison Bekasi dan @HOM Hotel Tambun. Metland Hotel Cirebon disebut sebagai hotel pertama yang dikelola dengan mengusung nama Metland Hotel.“Strategi ini, diyakini membuat posisi Metland akan lebih bersaing dengan para kompetitor hotel yang ada”, katanya.

Dia menyebutkan, pada kuartal ketiga 2013 lini usaha perhotelan menyumbang 9% terhadap total pendapatan Metland. Ke depan bisinis ini diyakini akan berkontribusi lebih besar lagi seiring dengan bertambanhnya jumlah kamar di Metland Premier Hotel Bekasi dan segera beroperasinya Metland Hotel Cirebon. (nurul)

Related posts