Peluang Usaha Sablon Kian Mentereng - Jelang Pemilu 2014

Memang, pemain di sektor ini sudah sangat ketat. Apalagi, banyak pengusaha dadakan yang turut memanen untung dari usaha sablon atribut partai. Yang paling menentukan di bisnis ini adalah bagaimana pengusaha memiliki jaringan. Semakin luas jaringan yang dimiliki, orderan pun akan semakin banyak.

NERACA

Beberapa bulan lagi, pesta demokrasi (Pemilu) di tanah air Indonesia akan dilaksanakan. Bukan rahasia lagi bukan jika di setiap pemilu yang berlangsung calon legislatif atau partai berlomba-lomba untuk melakukan kampanye agar mereka dipilih menjadi wakil rakyat yang duduk di DPR RI dan juga DPRD.

Momen ini tentunya menghadirkan peluang bisnis yang memberikan keuntungan luar biasa, salah satunya adalah usaha sablon. Tak heran banyak pengusaha dadakan memberikan jasa sablon beragam atribut kampanye. Mulai dari kaos kampanye, bendera, hingga spanduk balaiho kampanye.

Menurut Ayung, pemilik sablonan di bilangan Kebon Jeruk Jakarta Barat, rata-rata angka yang dipesan jumlahnya cukup besar, terutama untuk pemesanan kaos kampanye. Kata dia, kalau tidak salah hitung mungkin pesanan yang datang ke tempat sablonnya sekitar 20.000 unit kaos.

Namun jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat seiring momen pemilihan, berikut ragam atribut seperti spanduk dan bendera partai. Jumlah Caleg yang berlimpah menurutnya akan membuat angka pemesanan bertambah.

“Sejak beberapa minggu lalu permintaan sablon kaos mulai berdatangan, dan bisanya semakin dekat dengan masa kampanye permintaan atribut kampanye akan semakin banyak lagi,” ujar Ayung yang mengaku hanya menerima orderan dari salah satu partai karena dia merupakan simpatisan partai tersebut..

Sementara itu, untuk atribut Pilpres, dia mengaku belum ada satupun pesanan saat ini. Tapi, menurut dia pesanan atribut untuk Pilpres kemungkinan akan mulai membludak pesanannya setelah Pileg berlangsung.

“Kalau untuk Pilpres belum ada, karena kan momennya juga beda, kalau berkaca pada pemilu tahun lalu ya memang seperti itu, semua sesuai momennya. Jadi wajar saja, kalau hingga saat ini pesanan yang datang untuk kampanye Pileg,” sebut dia.

Bisnis sablon kaos, merupakan bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan, selain itu persoalan modal pun bisa disiasati, pengelolaan yang tidak rumit, dan risikonya pun sangat rendah, menjadikan mengapa bisnis laik untuk dilirik.

Soal keuntungan yang dapat diperoleh pun cukup lumayan, sekitar 10% sampai 50% dari biaya keseluruhan. Apalagi, pada waktu-waktu tertentu, seperti pemilu dan pilkada, omzet dapat bertambah lagi.

Memulai Bisnis

Dalam bisnis ini, kunci utamanya adalah keterampilan menyablon. Ya, keterampilan menyablon akan memengaruhi bisnis. Apalagi kalau bukan keterampilan dalam menentukan warna, jumlah warna, ukuran, dan tingkat kesulitan akan memengaruhi besar ongkos produksi yang akan dikenakan kepada konsumen.

Hanya saja, faktor persaingan akan menjadi salah satu hambatan bisnis ini. Maklum, saat inibisnis sablon sudah sangat menjamur. Untuk itu diperlukan strategi jitu untuk memenangkan pasar. Salah satu faktor penentu adalah masalah kualitas dan masalah harga. Jika Anda bisa memberikan sablonan dengan kualitas baik tapi dengan harga miring. Bukan hal aneh jika usaha Anda akan dilirik banyak konsumen.

Related posts