Mengenal Ragam Peralatan Sablon

Karena menguntungkannya bisnis sablon, banyak kalangan yang mencoba bisnis ini, baik sebagai pekerjaan utama ataupun pekerjaan sampingan. Nah, jika Anda pemula yang ingin menggeluti bisnis ini, tentu Anda harus tahu apa nama peralatan yang diperlukan dalam sablon. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Pertama, screen dan rakel. Screen atau media yang dipakai untuk mengantarkan tinta sablon ke objek sablon. Bentuknya kotak yang disusun persegi panjang kemudian dipasang kain kasa, screen terbagi dua, untuk cetak kertas dan untuk cetak kaos. Sementara rakel, fungsinya untuk menyapu tinta yang akan dicetak ke objek sablon. Benda yang satu ini terbuat dari karet ( lebih tepatnya polyurethane ).

Kedua, meja sablon, dalam menyablon kita membutuhkan meja sablon atau media yang rata untuk menempatkan media sablon/cetak, meja sablon standar biasanya terbuat dari kayu dan bagian atasnya di lapisi kaca agar mudah untuk melakukan pencetakan.

Ketiga, hairdryer atau pengering. Berfungsi untuk mengeringkan afdruk/ulano agar proses perekaman lebih mudah dan cepat, dapat juga di gunakan untuk mengeringkan sablonan kaos sebelum proses cetak ke warna selanjutnya.

Keempat, ragum dan tinta. Ragum/Catok adalah alat untuk mengunci screen pada meja sablon kertas,fungsinya seperti engsel pintu agar Screen/talang dapat di gerakkan naik dan turun pada posisi yang sama. Tinta, merupakan cat untuk menghasilkan gambar.

Kelima, meja rekaman lampu neon. Saat ini untuk memiliki meja rekaman sudah wajib untuk proses cetak sablon, kalau dulu orang masih menggunakan matahari untuk memindahkan gambar/media ke screen/talang sekarang zaman berubah, kini memakai lampu neon+meja kaca untuk proses perekaman screen.

Keenam, ulano/afdruk. Ulano/Afdruk ini adalah obat exposure yang peka pada cahaya,jenis nya ada dua macam ,solvent resistant dan water resistant. Ulano/Adruk di gunakan untuk mentransfer media dari film/klise ke dalam screen/talang.

Terakhir Film. Biasanya terbuat dari kertas kalkier, tapi ada juga yang terbuat dari plastik yang di print setelah proses layout yang kemudia ditransfer ke screen menggunakan ulano/Afdruk.

Related posts