DKI Berencana Tambah Nilai Anggaran - RAPBD 2014

NERACA

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah nilai anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Tahun Anggaran 2014. "Besarnya penambahan tersebut yakni dari yang semula diperkirakan sebesar Rp69,5 triliun menjadi Rp72 triliun," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Jakarta, Senin (6/1). Menurut dia, nilai RAPBD DKI tahun ini rencananya masih akan ditambah. "Kami juga sudah bicarakan rencana ini dengan Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan," tambahnya.

Menurut Basuki, penambahan nilai anggaran itu terjadi karena adanya Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) dari APBD DKI 2013 sebesar Rp7 triliun. "Silpa inilah yang mau kami manfaatkan. Jadi, Silpa itu bukan dimasukkan kedalam APBD-Perubahan, tetapi untuk APBD 2013. Jadi, nilai APBD kami tahun ini bisa naik sampai Rp72 triliun," ujarnya. Jika dilihat dari besarnya penyerapan anggaran pada tahun lalu yang sebesar Rp42 triliun atau 84,5%, Basuki memperkirakan penyerapan tahun ini juga tidak akan terlalu besar dari angka tersebut.

"Kalau demikian, maka akan ada kelebihan anggaran sebesar Rp30 triliun. Kelebihan itu bisa digunakan untuk menjalankan program-program pembangunan di ibukota," tuturnya. Dia mengungkapkan kelebihan anggaran tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki saluran-saluran air yang tidak mengalir dengan lancar, membangun perumahan bagi warga tidak mampu dan sebagainya. Selain itu, sambung dia, kelebihan anggaran yang ada nantinya bisa juga digunakan untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) melalui pembebasan lahan sebanyak-banyaknya, sehingga Jakarta semakin hijau. [ardi]

Related posts