Menkop: Perluasan KUR Hingga ke Daerah

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan berharap, organisasi Kosgoro 1957 dapat mendorong koperasi binaannya di daerah dapat lebih aktif dalam peluasan kredit usaha rakyat (KUR) di berbagai daerah. “Dorongan diberikan agar koperasi mauupun UMKM binaannya khususnya dis ektor pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan, dan industri kecil dipersiapkan untuk mengakses KUR kepada bank pelaksana KUR”, ungkap Menkop pada acara Workshop KUR Angkatan II yang diselenggarakan Kosgoro 1957, di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Syarifuddin menambahkan, untuk memperluas penyaluran KUR, maka pemerintah akan mendorong agar lebih banyak lagi bank yang terlibat sebagai bank pelaksana KUR. “Sosialisasi KUR melalui media dan tatap muka ke seluruh daerah juga terus dilaksanakan agar informasi KUR semakin meluas bagi masyarakat umum, khususnya pelaku koperasi dan UMKM,” kata Menkop.

Bahkan, kata Menkop, dalam Inpres Nomor 3/2010 telah diinstruksikan agar seluruh pemda berperan dalam perluasan KUR dan menyusun rencana tindak perluasan KUR di daerah masing-masing. Terutama, untuk sektor pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan, dan industri kecil.

Menkop menjelaskan, target penyaluran KUR pada tahun ini sebesar Rp20 triliun. Sampai dengan Juli 2011, realisasi penyaluran KUR telah mencapai Rp15 triliun (73% dari target), kepada 1.090.187 debitur UMKM dan koperasi.

“Berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah dalam rangka perluasan KUR antara lain dengan menambah bank pelaksana KUR yang pada walnya hanya enam bank nasional, sekarang telah bertambah sebanyak 13 Bank Pembangunan Daerah. Dengan demikian, bank pelaksana KUR saat ini berjumlah 19 bank”, imbuh Menkop seraya menyebutkan bahwa KUR adalah skema kredit yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia khususnya UMKM yang fisibel tapi tidak bankable yang bergerak di bidang usaha apa saja. .

BERITA TERKAIT

Jika Berinovasi, PLN Bisa Hemat Hingga Rp1 triliun

  NERACA   Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memproyeksikan jumlah efisiensi yang diciptakan dari inovasi-inovasi korporat bisa mencapai Rp1…

Reformasi Dana Insentif Daerah

Oleh: Joko Tri Haryanto, Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu *) Dalam APBN, kerangka hubungan pendanaan antara Pemerintah Pusat dan Daerah diterjemahkan…

Optimalisasi LKM/LKMS dalam Pembangunan Daerah

Oleh : Agus Yuliawan Pemerhati Ekonomi Syariah Semenjak diundangkannya Undang – Undang No 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro …

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

BI Tahan Suku Bunga Acuan

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) telah usai melakukan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 18-19 Oktober 2017.…

Sinarmas MSIG Life Luncurkan 4 Produk Bancassurance - Gandeng Bank BJB

      NERACA   Jakarta - PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (Sinarmas MSIG Life) dan Bank BJB, berkolaborasi meluncurkan…

BTN Masuk Jajaran Perusahaan Terbaik Indonesia

      NERACA   Jakarta - Setelah berhasil meraih beragam penghargaan atas kinerjanya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.…